Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKAREALISTIK (PMR)

Electronic Resource

TA _ MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKAREALISTIK (PMR)

Tafui, Esi Y. - Nama Orang; Babys, Urni - Nama Orang; Gella, Netty J. M. - Nama Orang;

Abstract
The ability to understand a students mathematical concepts is the ability to absorb and understand mathematical ideas. The ability to understand good concepts can help students resolve or offer solutions to a problem. This study aims to determine the ability to understand students' mathematical concepts using the Realistic Mathematics Learning (PMR) approach. The research design used is quantitative research with a pre-experimental model designed in the form of a one-group pretest-posttest design. The population in this study were all students of class VIII Christian Middle School 1 Mollo Selatan which consisted of 3 classes and the research sample was class VIII-A which was taken by simple random sampling technique. Data collection techniques and instruments used were tests in the form of description questions consisting of pre-test and post-test questions. The data analysis technique in this study used a paired t-sample test with a prerequisite test, namely the normality test then followed by a gain score to find out how much the increase was. Based on the results of the analysis, it was obtained that tcount = 3.032 and ttable value = 2.079, a significant value of 0.05 which means that tcount> ttable value. So the conclusion is that there is an increase in the ability to understand students' mathematical concepts with the Realistic Mathematics Learning (PMR) approach. Increasing the ability to understand students' mathematical concepts is in the medium category with an average gain score of 0.46.
Keywords: realistic mathematics learning approach, understanding of mathematical
concepts.
Abstrak
Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah kemampuan menyerap dan memahami ide-ide matematika. Kemampuan pemahaman konsep yang baik dapat membantu siswa dalam menyelesaikan atau memberikan solusi terhadap suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pendekatanPembelajaranMatematika Realistik (PMR).Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan model pre-experimental yang didesain dalam bentukone- group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Kristen 1 Mollo Selatan yang terdiri dari 3 kelas dan sampel penelitian yaitu kelas VIII- A yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dan instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal uraian yang terdiri dari soal pre-test dan post-test. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-sampel berpasangan dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas kemudian dilanjutkan dengan skor gain untuk mengetahui seberapa besar peningkatan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai thitung = 3,032 dan nilai ttabel = 2,079, nilai signifikan sebesar 0,05 yang berarti bahwa thitung> nilai ttabel. Jadi kesimpulannya bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berada pada kategori sedang dengan rata- rata skor gain 0,46.
Kata Kunci: pendekatan pembelajaran matematika realistik, pemahaman konsep matematis


Ketersediaan
TA _ 00181My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Tugas Akhir
pemahaman konsep matematis
Pendidikan Matematika 2023
matematika realistik
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Tafui, Esi Y.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKAREALISTIK (PMR)
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik