Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ PENGARUH KEATIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Electronic Resource

TA _ PENGARUH KEATIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Tefu, Adrike - Nama Orang; Gella, Netty J. M. - Nama Orang; Bien, Yusak I. - Nama Orang;

Abstract
This study aims to produce study of the effect of active learning on students' ability to understand mathematical concepts. This type of research uses a quantitative approach. The population in this study were all students of class IX at Christian Middle School 3 Soe in the academic year 2023/2024 consisting of 3 classes, while the research sample was taken from 1 class, namely class IX with using the simple random sampling technique. The data collection techniques used in this study was tests in the from of essay questions compiled based on indicators of the ability to understand students' mathematical concepts and learning activeness questionnaires compiled based on indicators of active learning. The data analysis
technique used is simple linear regression analysis. The results of the analysis obtained a significant value of 0,026 < 0,05, which means that there is a significant influence between learning activeness on students' ability to understand mathematical concepts by 17,1% and 82,9% other influenced by other factors outside of active learning. The regression equation also gives the decision that Ŷ꞊59,887+0,131 X, wich means that for each addition of one unit to active learning, understanding students' mathematical concepts increased by 0,131 units.
Keywords: active learning, conceptual understanding.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kajian tentang pengaruh keaktifan belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Kristen 3 Soe tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 3 kelas sedangkan sampel penelitian diambil 1 kelas yaitu kelas IX dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes berupa soal uraian yang disusun berdasarkan indicator kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan angket keaktifan belajar yang disusun berdasarkan indicator keaktifan belajar. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis diperoleh nilai signifikan sebesar 0,026 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa sebesar17,1% dan 82,9% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar keaktifan belajar. Persamaan regresi juga memberikan keputusan bahwa Ŷ= 59,887 +0,131X, yang berarti setiap penambahan satu satuan pada keaktifan belajar maka pemahaman konsep matematis siswa bertambah sebesar 0,131 satuan.
Kata Kunci : keaktifan belajar, pemahaman konsep.


Ketersediaan
TA _ 00175My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
pemahaman konsep
Tugas Akhir
keaktifan belajar
Pendidikan Matematika 2023
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Tefu, Adrike
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ PENGARUH KEATIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik