Electronic Resource
TA _ Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Smartphone Menggunakan NAplikasi Phyphox Pada Materi Getaran dan Gelombang Untuk Melihat Hasil Belajar Peserta Didik
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbantuan smartphone menggunakan aplikasi phyphox pada materi gelombang berjalan untuk melihat hasil belajar peserta didik. Penelitian dilaksanakan di kelas XI MIA5 SMA Kristen 1 Soe dengan metode penelitian Research dan Development (R&D) dan jenis desain metode penelitian yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementatin and Evaluation). Sebelum media pembelajaran digunakan dilakukan validasi dan persentase hasil validasi sebesar 90,03% dengan kategori valid. Setelah dilakukan validasi, media digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan standar KKM yang ditentukan yaitu 75 dengan persentase ketuntasan sebesar 60%. Dari hasil data analisis diperoleh rata-rata ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 78,28%, dengan rincian rata-rata untuk setiap aspek yaitu hasil belajar kognitif sebesar 63,85%, hasil belajar afektif sebesar 91% dan hasil belajar psikomotorik sebesar 80%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran fisika berbantuan smartphone menggunakan aplikasi phyphox yang telah dikembangkan efektif untuk melihat hasil belajar peserta didik dan dapat digunakan dalam pembelajaran fisika di sekolah.
Kata Kunci: hasil belajar, gelombang berjalan, phyphox.
Abstract
This research aims to develop smartphone-assisted physics learning media using the Phyphox
application on traveling wave material to see student learning outcomes. The research was
carried out in class XI MIA5 christian high school 1 Soe. Before the learning media is used,
validation is carried out and the percentage of validation results is 90.03% in the valid
category. After validation, the media is used to determine student learning outcomes. The
student learning outcomes obtained are then compared with the specified KKM standard,
namely 75 with a completion percentage of 60%. From the results of the data analysis, it was 2
obtained that the average completeness of student learning outcomes was 78.28%, with
details of the average for each aspect, namely cognitive learning outcomes of 63.85%,
affective learning outcomes of 91% and psychomotor learning outcomes of 80%. Based on
the research results, it can be concluded that smartphone-assisted physics learning media
using the phyphox application which has been developed is effective for viewing student
learning outcomes and can be used in physics learning at school.
Keywords: learning outcomes, traveling waves, phyphox.
TA _ 00174 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain