Electronic Resource
TA _ PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN NKETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LISTRIK DINAMIS
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains (KPS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Soe. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes untuk melihat peningkatan keterampilan proses sains peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik pada materi listrik dinamis di SMP Negeri 1 SoE. Sampel penelitian ini adalah 19 peserta didik kelas VIII dengan nilai rata-rata pree-tes adalah 44, 30 standar devisi 8,36 dan nilai post-test adalah 85,09 standar devisi 5,94. Dari hasil analisis keterampilan proses sains menunjukan bahwa nilai N-Gain dari yang tertinggi sampai yang terendah mengklasifikasi dan
mengkomunikasikan N-gain sebesar 0,74 (kategori baik). Menyimpulkan 0,71 (kategori baik), mengamati 0,61 (kategori sedang), memprediksi 0,55 61 (kategori sedang) dan menghitung 0,53 (kategori sedang)
Kata Kunci : Metode eksperimen; Keterampilan proses sains; listrik dinamis
Abstract
The method used in this research is descriptive quantitative with the research design
used is one group pretest-posttest. The population and sample in this study were all students
in class IX of SMP Negeri 1 Soe. The instrument used in this research was test questions to
see the increase in students' science process skills. The data analysis used is quantitative
descriptive. The results of the research show that students' science process skills in dynamic
electricity material at SMP Negeri 1 SoE. The sample for this research was 19 class VIII
students with an average pre-test score of 44, 30 with a standard division of 8.36 and a post-
test score of 85.09 with a standard division of 5.94. The results of the analysis of science
process skills show that the N-Gain value from highest to lowest in classifying and
communicating N-gain is 0.74 (good category). Concluding 0.71 (good category), observing
0.61 (medium category), predicting 0.55 61 (medium category) and calculating 0.53 (medium category)
Keywords : Experimental method; Science process skills; dynamic electricity
TA _ 00173 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain