Electronic Resource
TA _ Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Geogebra Pada Materi Resonansi Gelombang Berdiri Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik SMA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbasis geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik SMA pada materi gelombang berdiri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research dan Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi ahli media dan soal tes sebanyak 15 nomor. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal untuk melihat peningkatan pemahaman konsep peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk layak digunakan berdasarkan validasi ahli dengan persentase rata-rata 83,80% kategori layak digunakan. Hasil analisis pemahaman konsep per indikator menunjukkan bahwa uji N-Gain dari yang paling tinggi sampai terendah adalah menyatakan, memberi contoh, menyajikan, dan mengklasifikasi dengan kategori sedang, artinya media pembelajaran fisika berbasis geogebra pada materi gelombang berdiri dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.
Kata Kunci :Media geogebra; pemahaman konsep; gelombang berdiri.
TA _ 00171 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain