0.339 so that the question instrument was said to be reliable. So it can be concluded that the learning evaluation tool using the Kahoot application on Archimedes' Law material is very valid to use to support accurate and effective learning evaluation. Keywords: Evaluation Tool, Kahoot Application, Archimedes' Law." />
Electronic Resource
TA _ PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI KAHOOT PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDES
Abstrack:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi kahoot pada materi Hukum Archimedes. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, design, development, implementationand evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi dan soal tes sebanyak 20 Nomor. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik validasi. Teknik validasi media diberikan lembar validasi kepada 6 orang validator yang terdiri dari 3 orang dosen fisika dan 3 orang guru fisika. Berdasarkan hasil analisis mendapatkan persentase rata-rata sebesar 86,95% dengan kategori “sangat valid” sedangkan teknik validasi isi yaitu diberikan soal sebanyak 20 nomor kepada peserta didik yang terdiri dari 34 orang kemudian hasil kerja dari peserta didik dianalisis sehingga validitas dari hasil ujicoba diperoleh bahwa terdapat 8 nomor soal “tidak valid” dan 12 nomor soal
“valid”, daya pembeda yang diperoleh pada hasil uji coba yaitu terdapat 8 nomor soal dengan kategori “baik” 4 nomor soal dengan kategori “jelek” dan 8 nomor soal dengan kategori “cukup”. tingkat kesukaran yang diperoleh yaitu 16 nomor soal dengan kategori “sedang” dan 3 nomor soal dengan kategori “sukar” dan 1 nomor dengan kategori “mudah” dan nilai reliabilitas yang diperoleh nilai Kr20 = 0,642 > 0,339 sehingga instrumen soal tersebut dikatakan reliabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi kahoot pada materi Hukum Archimedes sangat valid digunakan untuk mendukung evaluasi pembelajaran yang akurat dan efektif.
Kata kunci : Alat Evaluasi, Aplikasi kahoot, Hukum Archimedes.
Abstract:
The aim of this research is to develop a learning evaluation tool using the Kahoot
application on Archimedes' Law material. The research method used in this research is
the Research and Development (R&D) method using the ADDIE model (Analysis,
design, development, implementation and evaluation). The data collection instruments
used in this research were a validation sheet and 20 test questions. The data collection
technique used in this research is a validation technique. The media validation
technique provided validation sheets to 6 validators consisting of 3 physics lecturers
and 3 physics teachers. Based on the results of the analysis, an average percentage of
86.95% was obtained in the "very valid" category, while the content validation
technique was that 20 numbers of questions were given to students consisting of 34
people, then the results of the students' work were analyzed so that the validity of the
test results was obtained. that there are 8 "invalid" question numbers and 12 "valid"
question numbers, the distinguishing power obtained in the trial results is that there are
8 question numbers in the "good" category, 4 question numbers in the "bad" category
2 and 8 question numbers in the "good" category Enough". The level of difficulty
obtained was 16 question numbers in the "medium" category and 3 question numbers in
the "difficult" category and 1 number in the "easy" category and the reliability value
obtained was Kr20 = 0.642 > 0.339 so that the question instrument was said to be
reliable. So it can be concluded that the learning evaluation tool using the Kahoot
application on Archimedes' Law material is very valid to use to support accurate and
effective learning evaluation.
Keywords: Evaluation Tool, Kahoot Application, Archimedes' Law.
TA _ 00169 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain