Electronic Resource
TA _ Pengembangan LKPD Berbantuan Simulasi PhET Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Tekanan Hidrostatis
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbantuan simulasi PhET untuk melatih keterampilan proses sains peserta didik SMA Swasta Karya Soe pada materi tekanan hidrostatis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research dan Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi ahli media, angket respon peserta didik dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk layak digunakan berdasarkan validasi ahli dengan kategori sangat layak yaitu 85, 83%. Respon peserta didik terhadap LKPD berbantuan simulasi PhET yang dikembangkan dinyatakan efektif karena ≥ 85% yaitu 90.72% sehingga dinyatakan sangat positif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Keterampilan proses sains peserta didik dinyatakan telah terlatih karena telah mencapai kriteria persentase keterampilan proses sains sebesar 86.26% sehingga dapat dinyatakan keterampilan proses sains sangat baik.
Kata Kunci: LKPD berbantuan simulasi PhET, Keterampilan Proses sains, Tekanan
Hidrostatis.
TA _ 00168 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain