Electronic Resource
TA _ PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGINTERPRETASI GRAFIK MELALUI PENDEKATAN MULTI-REPRESENTASI BERBANTUAN GEOGEBRA PADA MATERI KINEMATIKA GERAK
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menginterpretasikan grafik melalui pendekatan multi-representasi berbantuan media geogebra pada materi kinematika gerak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre- eksperimen, dengan jenis desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Swasta Karya Soe sedangkan sampelnya adalah sebagian populasi yaitu peserta didik kelas XI IPA1 dan XI IPA2 pada SMA Swasta Karya Soe yang berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah media geogebra, angket respon dan soal tes yang digunakan untuk melihat peningkatan kemampuan siswa dalam menginterpretasikan grafik melalui pendekatan multi- representasi berbantuan media geogebra pada materi kinematika gerak. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji t dan deskriptif presentase. Hasil penelitian bertujuan untuk mengetahui kevalidan lembar kerja siswa menggunakan pendekatan muti-representasi berbantuan geogebra, mengetahui perbedaan signifikan kemampuan siswa dalam menginterpretasikan grafik melalui pendekatan multi-representasi berbantuan geogebra pada materi kinematik gerak, dan mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan pendekatan multi-representasi berbantuan geogebra pada materi kinematika gerak.
Kata Kunci: Kemampuan menginterpretasikan; grafik; pendekatan multi representasi;kinematika gerak
TA _ 00167 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain