Electronic Resource
TA _ PENERAPAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TENUN IKAT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA DAN HUKUM NEWTON KELAS X1 DI SMA NEGERI 1 MOLLO SELATAN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik dengan penerapan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal tenun ikat pada materi Gaya dan Hukum Newton pada siswa kelas X1 SMA N 1 Mollo
Selatan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif, populasi yang digunakan adalah seluruh SMA N 1 Mollo Selatan dan sampel yang digunakan adalah kelas X1 sebanyak 27 orang.
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan lembar angket minat belajar dengan 15 pernyataan. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Analisis deskriptif digunakan untuk
mendeskripsikan hasil analisis kuantitatif untuk menganalisis hasil angket minat belajar peserta didik dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil validasi bahan ajar dari 3 orang validator diperoleh nilai
rata-rata persentase materi sebesar 76,92% dengan kategori valid dan nilai rata- rata persentase media sebesar 79,62% dengan kategori valid. Sedangkan hasil analisis N-Gain diperoleh bahwa besar peningkatan minat belajar menggunakan
bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal tenun ikat sebesar 82% dengan kategori tinggi. Rata-rata persentase minat belajar peserta didik sebelum dan sesudah di terapkan bahan ajar fisika berbasis kearifan lokal tenun ikat secara keseluruhan
untuk semua indikator sebesar 56,8% dengan kategori cukup baik menjadi 93,2% dengan kategori sangat baik.
Kata kunci : bahan ajar berbasis kearifan lokal, minat belajar
2
ABSTRACT
This study aims to determine the increase in students' interest in learning with the application of physics teaching materials based on local wisdom of woven ikat on the subject of Force and Newton's Laws in class X1 students of SMA N 1 Mollo Selatan. The research used is quantitative research with quantitative descriptive methods, the population used is all of SMA N 1 Mollo Selatan and the sample used is class X1 as many as 27 people. The research instruments used in this study were validation sheets and interest in learning questionnaires with 15 statements. The analysis technique uses descriptive
analysis techniques. Descriptive analysis is used to describe the results of quantitative analysis to analyze the results of the questionnaire of students' learning interest using a quantitative descriptive method. The results showed that the validation results of teaching materials from 3 validators obtained an average percentage of material of 76.92% with the valid category and an average value of the media percentage of 79.62% with the valid category. While the result of G- Gain analysis are obtained that large increases in interest, interest are learning to use a physics based local kearifan alloy of 82% in high categories. The average percentage of interest studied participants before and after is applied to local wise
and practical physics teaching combined to all indicators of 56.8% in fairly good categories to 93,2% in excellent categories.
Keywords: teaching materials based on local wisdom, interest in
TA _ 00166 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain