Electronic Resource
TA _ Pengembangan Four-Tier DiagnosticTest Berbasis Website Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Pada Materi Gerak Melingkar Beraturan
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostic four-tier berbasis web untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik SMA pada materi gerak melingkar beraturan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research dan Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi ahli media dan soal tes diagnostic four-tier sebanyak 20 nomor. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif persentase dan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa produk layak digunakan berdasarkan validasi ahli dengan kategori sangat layak yaitu 90,37%. Reliabilitas tes yang dikembangkan sebesar 0,85, soal tes terdiri atas 3 butir soal sukar, 15 butir soal sedang dan 2 butir soal mudah. Daya pembeda soal menunjukkan 18 butir soal memiliki daya pembeda baik, dan 2 butir soal memiliki daya pembeda jelek. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa persentase miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik yaitu sebesar 35,82% yaitu pada indicator menganalisis besar percepatan sentripetal pada GMB, dan indicator menganalisis grafik hubungan besaran linear dan besaran sudut,kecepatan linear dan kecepatan sudut pada GMB. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa tes diagnostik four-tier berbasis web yang dikembangkan dapat mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi Gerak
Melingkar Beraturan.
Kata kunci : Miskonsepsi,Tes diagnostik four-tier berbasis web,Gerak melingkar beraturan
TA _ 00165 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain