Electronic Resource
TA _ PENERAPAN MODEL POE BERBANTUAN MEDIA CROCODILE PHYSICS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK PADA MATERI GLBB
ABSTRAK
Penetilitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pemahaman konsep peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan model POE berbantuan Media Pembelajaran Crocodile Physics pada materi Gerak Lurus Berubah Beraturan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Kristen 2 Soe dan sampel yang digunakan adalah kelas X MIA1 sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dengan alat pengumpulan data soal tes pemahaman konsep sebanyak 20 butir soal berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan anates terdapat10 butir soal reliabel dan 10 soal tidak reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Analisis Deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan pemahaman konsep peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tes awal (pre-test)
peserta didik diperoleh hasil persentase rata-rata sebesar 31,39% dengan kategori gagal, dikarenakan bahwa peserta didik masih belum memahami konsep dengan baik karena guru masih belum menggunakan media didalam proses pembelajaran. Nilai persentase rata-rata tes formatif (pos-test) peserta didik adalah 85,30% dengan kategori sangat baik karena sudah diajarkan dengan Model POE berbantuan media Crocodile Physics. Sedangkan hasil analisis uji hipotesis diperoleh thitung = 21,55 > ttabel = 2,04, artinya ada perbedaan signifikan pemahaman konsep peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan model POE berbantuan media Crocodile Physics pada materi GLBB dan besar peningkatan pemahaman konsep dengan nilai uji N-Gain dari masing-masing indikator yaitu nilai indikator menganalisis adalah 57,15 , nilai N-Gain dari indikator menafsir adalah 66,16 nilai N-Gain dari indikator membandingkan adalah 67,95 dan nilai N-Gain dari indikator mengklasifikasikan adalah 71,30 dengan kategori tinggi kategori tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model POE berbantuan media Crocodile Physics dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.
Kata Kunci : Model POE, Crocodile Physics, Pamahama Konsep
2
ABSTRACT
This study to determine significant differences in students understanding of consepts
before and after applying the POE model assisted by crocodile physics learning media in the
subject of alternating straight motion in class X MIA1 SMA Kristen 2 Soe and the sampel
used was class X MIA1 as many as 33 peopole. The research instrument used in this
research was a conceptual understanding tes consisting of 20 multiple choice questions. The
analysis technique used in this research was quantitative descriptive analysis. Descriptive
analysis wa used to describe the results of the quantitative descriptive analysis to the
analyze students conceptual understanding abilities using the descriptive method.
Quantitative, the results the research show that students pre-tes scores obtained and average
percentage of 31,39% in the failed category, because students still do not understand the
consept properly because teacher still do not use media in the learning process the average
percentage score of students formative test (pos-tes) was 85,30% in the very good category
because they had been taught with the POE model assisted by Crocodile Physics media,
while the n-gain test scores were obtained 0,78 which in the high category.
Keyword : POE Model, Crocodile Physics, Understanding Concepts
TA _ 00164 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain