Electronic Resource
TA _ Pengembangan Perangkat Pembelajaran Elearning Terintegrasi Teachmint Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Fluida Dinamis
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran E-learning untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik SMA pada materi azaz kontinuitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research dan Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu data berupa angket validasi ahli media, angket respon
dan analisis data menggunakan uji N-Gain untuk melihat peningkatan pemahaman konsep peserta didik dan soal tes pemahaman konsep sebanyak 20 nomor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk layak digunakan berdasarkan validasi ahli dengan kategori sangat layak yaitu 83,72%. Reliabilitas tes yang dikembangkan sebesar 0,80, soal tes
terdiri atas 3 butir soal sukar, 15 butir soal sedang dan 2 butir soal mudah. Uji N-Gain menunjukan bahwa keseluruhan peserta didik yang berjumlah 25 orang mengalami peningkatan penguasaan konsep pada materi azaz kontinuitas dengan nilai rata-rata sebesar 72,75 dan berada pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tes pemahaman konsep peserta didik terintegrasi teachmint yang dikembangkan dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta
didik pada materi azaz kontinuitas.
Kata kunci : Bahan ajar, Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), video pembelajaran,
aplikasi teachmint.
ABSTRACT
This research aims to develop E-learning learning tools to improve high school students' conceptual understanding of the principle of continuity material. This research is development research (Research and Development) using the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) development model. The research instruments used were data in the form of media expert questionnaire validation, response questionnaires and data analysis using the N-Gain test to see the increase in students' conceptual understanding and 20 concept understanding test questions.The researchresults show that the product is suitable for use based on expert validation with a very feasible category, namely 83.72%. The reliability of the test developed is 0.80, the test questions consist of 3 difficult questions, 15 medium questions and 2
easy questions. The N-Gain test showed that the total of 25 students experienced an increase in mastery of concepts in the principle of continuity material with an average score of 72.75 and was in the medium category. So it can be concluded that the integrated teaching concept understanding test of students developed can improve students' conceptual understanding of the principle of continuity material.
Kata kunci : Teaching materialis, lesson plan (RPP), tutorial video, teachmint app.
TA _ 00163 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain