Electronic Resource
TA _ Pengaruh Model Pembelajaran STAD terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas VII SMP Kristen 1 Soe
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa dengan pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Team AchivementDivision pada materi klasifikasi makhluk hidup. Desain penelitian yang digunakan adalah oneshot case study, karena penelitian ini tidak menggunakan kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIB dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji t-test dan tes keaktifan yang dianalisis menggunakan lembar observasi untuk mengetahui perbedaan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai signifikan uji t-test yaitu 80.18 yang artinya ada perbedaan hasil belajar siswa kelas
eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 66% dan nilai rata-rata pos-test adalah 80%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD dalam proses pembelajaran biologi khususnya pada materi klasifikasimakhluk hidup dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa di SMP Kristen 1 SoE.
Kata Kunci ; Hasil Belajar Kognitif, Keaktifan dan STAD
ABSTRACT
This study aims to determine the increase in students' activeness and cognitive learning
outcomes with the influence of using the Student Team Achievement Division learning model
on living things classification material. The research design used was a one shot case study,
because this study did not use a control group. The sample in this study were class VIIB
students and the sampling technique used was purposive sampling. Data were collected through
learning achievement tests which were analyzed using the t-test and activeness tests which were
analyzed using observation sheets to determine differences in students' activeness and cognitive
learning outcomes. The results showed that the significant value of the t-test was 80.18, which
meant that there were differences in the learning outcomes of the experimental class students.
The results showed that the pre-test average score was 66% and the post-test average score was
80%, so it can be concluded that the use of the STAD learning model in the biology learning
process, especially in the classification of living things can increase activity and learning
outcomes cognitive abilities of students at Christian Middle School 1 SoE.
Keywords ; Cognitive Learning Outcomes, Activeness and STAD
TA _ 00161 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain