Electronic Resource
TA _ PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STUDI KASUS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X-MIA SMA SWASTA PGRI SOE
ABSTRAK
Dalam Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru, masih menggunakan model ceramahsehingga siswa kurang aktif d alam menyelesaikan kasus atau masalah yang ditemui pada saatberdiskusi, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui peningkatan kemampuan berpikiri kritis siswa, dilihat dari hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain one group pre-testpost-test. Teknikpengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, menggunakan satuke las sebagai kelas eksperimen jumlah siswa 15 orang dilakukan di SMA Swasta PGRISoE Tahn Ajaran 2023/2024. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-gain untukmengukur peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada
peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui uji N-gain dengan hasil 0,70 dengan kategori sangat baik/tinggi. Dengan demikian hipotesis alternatif (H0) ditolak dan hipoteisis (H1)diterima, maka dapat disimpulkan bahwa adanya kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Swasta PGRI SoE dengan metode pembelajaran studi kasus.
Kata kunci: berpikir kritis, studi kasus
ABSTRACK
In the learning process carried out by teachers, they still use the lecture model so that students are less active in solving cases or problems encountered during discussions, so that students' critical thinking abilities are low. This research aims to determine the increase in students' critical thinking abilities, seen from student learning outcomes. The research method used is a quantitative method with a one group pre-test post-test design. The sampling technique was carried out using purposive sampling, using one class as an experimental class with a total of 15 students at the PGRI SoE Private High School for the 2023/2024 Academic Year. The data analysis technique used is the N-gain test to measure the increase in students' critical thinking abilities. The research results showed that there was an increase in students' critical thinking skills
through the N-gain test with a result of 0.70 in the very good/high category. Thus the alternative hypothesis (H0) is rejected and the hypothesis (H1) is accepted, it can be concluded that there has been an increase in students' critical thinking skills at PGRI SoE Private High School using the case study learning method.
Keywords: critical thinking, case study
TA _ 00160 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain