Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PICTURE AND PICTURE TERHADAP AKTIVITAS BEL AJAR SISWAIPA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SOE

Electronic Resource

TA _ PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PICTURE AND PICTURE TERHADAP AKTIVITAS BEL AJAR SISWAIPA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SOE

Nubatonis, Vemi E. - Nama Orang; Takaeb, Matheos J. - Nama Orang; Sabat, Dian R. - Nama Orang;

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa SMP NEGERI 3 SOE Kelas VIII5. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan perbandingan model pembelajaran discovery learning dan picture and picture terhadap aktivitas belajar siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia. Penelitian ini melibatkan 28 orang siswa kelas VIII5 sebagai subjek. Rancangan desain penelitian ini adalah one shot case study, jenis one shot case study dimaksud untuk menunjukan kekuatan pengukuran dan nilai ilmiah suatu desain penelitian. Data yang dikumpulan berupa angket dan data observasi. Rata-rata hasil uji hipotesis 1 yang dilakukan, diperoleh nilai sig 0,172 > 0,05
maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa berdistribusi normal, rata-rata hasil uji hipotesis 2 yang dilakukan diperoleh nilai sig 0,567 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa data hasil aktivitas belajar siswa berasal dari populasi yang homogen, rata-rata hasil t- hitung dalam Uji-T- Test siswa adalah 2,146 > t-tabel 2,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan perbandingan model pembelajaran discovery learning dan picture and picture terhadap aktivitas belajar
siswa dan Uji Paired Samples Statistics menunjukan bahwa nilai rata-rata pada model discovery learning adalah 6,36 dengan kriteria cukup positif sedangkan nilai rata-rata pada model picture and picture adalah 8,86 dengan kriteria positif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pemeblajaran Picture and Picture dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Kata Kunci : Aktivitas ; Picture and Picture
ABSTRACT
This research was motivated by the low learning activity of students at SMP
NEGERI 3 SOE class VIII. The aim of this research was to determine student learning
activities by comparing discovery learning and picture and picture learning models with
student learning activities on the subjeck of the human digestive system. This research
involved 28 people. Class VIII students as subjeck The design of this research is a one shot
case study is intended to show the strength of measurement and scientific value of a research
design. The data collected is in the form of questionnaires and observation data. The
averange of the results of the normality test carried out is obtained sig value is 0,172 > 0,05,
so it can be concluded that student learning activities are normally distributed, onavarage the
resuits of the homogeneity test caried out obtained a sig value of 0,567> 0,05, so it can be
concluded that the data on student learning activity results comes from a homogeneous
population, on average The results of the up-T-Test show that the 1-count data comparison
of the decocovery learning and picture and picture learning models on students learning
activities is 2, 146 > t-table (2,050, so it can be concluded that the picture and picture
learning models is better than the dacovery learning and the Paired Sampels Statistic Test
show that according to calculations using paired sampels statistics, the averange value
obtained in the dacovery learning model is 6, 36vwith quite positive criteria, while the
average value ih the picture and picture model is 8, 86 with positive criteria.
Based on the research results, it can be concluded that the Picture and Picture
learning model can increase student learning activities
Key Words : Activity, Picture and Picture


Ketersediaan
TA _ 00157My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Tugas Akhir
picture and picture
Pendidikan Biologi 2023
Aktivitas
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Nubatonis, Vemi E.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik