Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBASIS STUDI KASUS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XISMA NEGERI KAPAN

Electronic Resource

TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERBASIS STUDI KASUS TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XISMA NEGERI KAPAN

Tanesab, Putri Y. - Nama Orang; Sabat, Dian R. - Nama Orang; Son, Rosalina S.S. - Nama Orang;

Abstrak
Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena penggunaan modelpembelajaran yang kurang menarik dan guru kurang kreatif dalam menyampaikan materidalam proses pembelajaran. proses pembelajaran masih berpusat pada guru (teachercentered) dan guru masih menggunakan model pembelajaran ceramah yang disertai dengan Tanya jawab. Dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Biologi, terlihat kurang menarik dan minat siswa dalam belajar masih rendah, sehinggaberdampak pada hasil belajar siswa. Hasil belajar kognitif siswa yang kurang dari kriteria
ketuntasan minimum (KKM) yang ditentukan di sekolah yaitu 75. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran jigsaw Berbasis Studi Kasus. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan desain one grupPre-test Post-tes, pengambilan sampel secara purposive sampling, yaitu pengambilan sampel dengan tujuan tertentu. Analisis data menggunakan uji N-gain untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan uji N-gain didapat hasil analisis sebesar 0,7 dimana hasil belajar siswa rata-rata saat pre-test 30% dan hasil post-test di peroleh 81%, dari nilai rata-rata ini mengalami peningkatan sebesar 51%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model jigsaw berbasis studi kasus dalam proses pembelajaran biologi khususnya materi sistem pernapasan manusia dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas XI Mipa 1 di SMA Negeri Kapan.
Kata Kunci; Jigsaw, studi kasus dan hasil belajar kognitif


Ketersediaan
TA _ 00153My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Tugas Akhir
Pendidikan Biologi 2023
kognitif
Jigsaw
studi kasus
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Tanesab, Putri Y.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik