Electronic Resource
TA _ PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NHT BERBASIS MEDIA CHARTA SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJR SISWA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran NHT berbasis media charta dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Desain penelitian yang di gunakan adalah Pre-Test Post-Test Control Group Desigen. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Amanuban Barat sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang terdiri dari dua kelas . Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi untuk melihat keaktifan dan soal tes
untuk melihat hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunkan adalah uji N-gain untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hasil analisis menunjukan bahwa uji N- gain kelas eksperimen dengan hasil 0,47 dengan katagori sedang. Sedangkan uji nilai N-Gain kelas kontrol dengan hasil 0,11 dengan kategori rendah. Hasil belajar siswa rata-rata saat pre-test 55% dan hasil post-test di peroleh 73%, dari nilai rata-rata ini mengalami peningkatan sebesar 22% di kelas eksperimen dengan menggunakan model NHT berbasis media charta sedangkan nilai rata-rata pre-test
53% dan hasil post-test yang diperoleh 63% dengan peningkatan 10% di kelas kontrol tanpa menggunakan model NHT berbasis media charta. Dapat di simpulkan bahwa penggunaan model NHT berbasis media charta dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Media Charta, Model Pembelajaran NHT, Hasil Belajar.
Abstract.
This study aims to determine the use of charta media-based NHT learning models can improve student activeness and learning outcomes. The research design used was the Pre-Test Post- Test Control Group Decigen. The sampling technique is carried out by cluster random sampling. The research was conducted at SMP Negeri 1 Amanuban Barat, the sample of this research consisted of two classes, namely the experimental class and the control class consisting of two classes. The data
collection technique is carried out with observation sheets to see activeness and test questions to see student learning outcomes. The data analysis technique used is the N-gain test to determine the increase in student activeness and learning outcomes. The results of the analysis showed that the experimental class N-gain test with a result of 0.47 with a medium category. While the control class N-Gain score test with a result of 0.11 with a low category.where the average student learning results during the pre-test 55% and post-test results were obtained 73%, from this average score increased by
22% in the experimental class using the charta media-based NHT model while the average pre-test score was 53% and the post-test results obtained were 63% with a 10% increase in the control class without using the charta media-based NHT model. It can be concluded that the use of NHT models based on charta media can improve student activeness and learning outcomes.
Keywords: Charta Media, NHT Learning Model, Learning Outcomes
TA _ 00152 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain