Electronic Resource
TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHTTERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 AMANUBAN TENGAH
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan penerapan model NHT. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain one grupPre-test Post-tes design, pengambilan sampel secara random sampling, menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X IPA1. Selisih nilai rata-rata tersebut memberikan gambaran secara kuantitatif ada terdapat peningkatan sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran (perlakuan) sebesar 37,13 menjadi 74,00. Dari hasil pritest dan posttest dapat dilihat ada peningkatan sebesar 36,87. Analisis data menggunakan uji N-gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan uji N- gaindiperoleh rata-rata hasil belajar kognitif siswa adalah 0,64 berada pada kriteria tingkat sedang, dengan kategori cukup efektif sehingga data yang diperoleh menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.Dilihat dari kriteria N-gain.
Kata Kunci;NHT, dan hasil belajar kognitif siswa.
ABSTRACK
The purpose of this study was to determine the increase in students’ cognitive learning
outcomes by applying the NHT model. This type of research is quantitative research, with a
one-group pre-test post-test design, sampling by random sampling, using one class as the
experimental class, namely class X IPA1. The difference in the average value gives a
quantitative picture that there was an increase before and after the implementation of the
learning model (treatment) by 37,13 to 74,00. From the results of the pretest and posttest it
can be seen that there was an increase of 36,87. Data analysis used the N-gain test to
determine the increase in students’ cognitive learning outcomes. Based on the N-gain test, the
average cognitive learning result of students is 0,64 is at the moderate level criteria quite
effective category so that the data obtained shows that there is an increase in students’
cognitive learning outcomes.Based on the results of this srudy, it can be concluded that the
application of the NHT cooperative learning model can improve students’ cognitive learning
outcomes. Judging from the N-gain criteria.
Keywords; NHT, and learning outcomes
TA _ 00151 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain