Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHTTERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 AMANUBAN TENGAH

Electronic Resource

TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHTTERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 AMANUBAN TENGAH

Kase, Oce - Nama Orang; Uki, Nonci M. - Nama Orang; Son, Rosalina S.S. - Nama Orang;

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan penerapan model NHT. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan desain one grupPre-test Post-tes design, pengambilan sampel secara random sampling, menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X IPA1. Selisih nilai rata-rata tersebut memberikan gambaran secara kuantitatif ada terdapat peningkatan sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran (perlakuan) sebesar 37,13 menjadi 74,00. Dari hasil pritest dan posttest dapat dilihat ada peningkatan sebesar 36,87. Analisis data menggunakan uji N-gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan uji N- gaindiperoleh rata-rata hasil belajar kognitif siswa adalah 0,64 berada pada kriteria tingkat sedang, dengan kategori cukup efektif sehingga data yang diperoleh menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.Dilihat dari kriteria N-gain.
Kata Kunci;NHT, dan hasil belajar kognitif siswa.
ABSTRACK
The purpose of this study was to determine the increase in students’ cognitive learning
outcomes by applying the NHT model. This type of research is quantitative research, with a
one-group pre-test post-test design, sampling by random sampling, using one class as the
experimental class, namely class X IPA1. The difference in the average value gives a
quantitative picture that there was an increase before and after the implementation of the
learning model (treatment) by 37,13 to 74,00. From the results of the pretest and posttest it
can be seen that there was an increase of 36,87. Data analysis used the N-gain test to
determine the increase in students’ cognitive learning outcomes. Based on the N-gain test, the
average cognitive learning result of students is 0,64 is at the moderate level criteria quite
effective category so that the data obtained shows that there is an increase in students’
cognitive learning outcomes.Based on the results of this srudy, it can be concluded that the
application of the NHT cooperative learning model can improve students’ cognitive learning
outcomes. Judging from the N-gain criteria.
Keywords; NHT, and learning outcomes


Ketersediaan
TA _ 00151My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
hasil belajar
Tugas Akhir
NHT
Pendidikan Biologi 2023
kognitif
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Kase, Oce
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik