Electronic Resource
TA _ ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII
ABSTRAK
Berdasarkan hasil observasi dan mengajar peneliti selama masa PPL di SMP Kristen 3 Soe peneliti menemukan faktor-faktor utama dalam pembelajaran biologi yang mengakibatkan nilai biologi yang di rangkum pada akhir semester mengalami penurunan yakni siswa masih lambat dalam menanggapi masalah yang disajikan, lambat menanggapi pertanyaan (kurang berpartisipasi aktif selama pembelajaran berlangsung baik itu ketika diskusi kelompok maupun diskusi kelas), siswa masih kurang percaya diri dalam mengungkapkan pendapat, kurang komunikasi dengan guru maupun
teman. Keadaan ini dilihat dari kurangnya alat peraga, kurangnya LCD, kurangnya inovasi dari guru ketika mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis faktor-faktor kesulitan belajar biologi kelas VIII SMP Kristen 3 Soe dalam pembelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deksriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, lembar angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisis angket dan wawancara, bahawa hasil wawancara dengan guru mata pelajaran biologi diperoleh tidak ada kendala dalam proses pembelajaran karena guru sudah menyiapkan metode pembelajaran dan media pembelajaran. Hasil angket yang disebarkan kepada 20 siswa dengan 21 item pertanyaan ditemukan bahwa Untuk item pertanyaan nomor 2 diketahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa sebesar 0,53% karena siswa tidak tertarik untuk mengikuti pembelajaran biologi, item pertanyaan nomor 6 diketahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa sebesar 0,48% karena siswa tidak memiliki motifasi yang kuat untuk mengikuti pembelajaran biologi, item pertanyaan nomor 13 diketahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa sebesar 0,48% karena siswa tidak selalu bertanya jika
ada materi yang sulit untuk di pahami, item pertanyaan nomor 19 diketahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa sebesar 0,53% karena orang tua siswa tidak menyiapkanfasilitas yang dibutuhkan pada pemebelajaran biologi, item pertanyaan nomor 20 diketahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa sebesar 0,48% karena orang tua tidak mengingatakan siswa untuk mengikuti pembelajaran biologi.
Kata kunci : Analisis faktor-faktor belajar biologi kelas VIII SMP Kristen 3 Soe
ABSTRAK
Based on the results of observations and teaching researchers during the PPL period at SMP
Kristen 3 Soe, researchers found the main factors in biology learning that resulted in biology scores
summarized at the end of the semester decreased, namely students were still slow in responding to the
problems presented, slow to respond to questions (less active participation during learning both during
group discussions and class discussions), students still lack confidence in expressing opinions, lack of
communication with teachers and friends. This situation can be seen from the lack of teaching aids, lack
of LCD, lack ofinnovation from teachers when teaching. The purpose of this study was to determine the
analysis of the factors of difficulty learning biology grade VIII SMP Kristen 3 Soe in learning biology.
The research method used is qualitative descriptive method. The data collection techniques,
questionnaire sheets and documentation. Based on the analysis of questionnaires and interviews, the
results of interviews with biology subject teachers obtained no obstachers in the learning process
because teachers have prepared learning methods and learning media. The results of the questionnaire
distributed to 20 students with 21 question items found that for question item number 2, the factors that
influence students’ learning difficulties are known to be 0.53% because students are not interested in
taking part in biology learning, question item number 6 is known to be the factors that influence
students’ learning difficulties. Of 0.48% because students do not have a strong motivation to take part in
biology learning, question item number 13 is know to be a factor that influences students’ learning
difficulties by 0. 48% because students do not always ask if there is material thatis difficult to
understand, question item number 19 it is known that the factors that influence students’ learning
difficulties are 0.53% because the students’ parents do not prepare the facilities needed for biology
learning.
Keywords: Analysis of biology learning factors grade VIII SMP Kristen 3 Soe
TA _ 00150 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain