Electronic Resource
TA _ PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CORE UNTUK MENINGKATKAN KEEFEKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI OEKAMUSA
ABSTRAK
Bahan ajar merupakan segala bahan baik informasi, alat, maupun teks yang disusun secara sistematis, yang menampilkan sosok utuh dari kompotentensi yang akan dikuasai siswa dan digunakan dalam proses pembelajaran dengan tujuan perencanaan dan penelaah implementasi pembelajaran (Prastowo, 2015). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan terhadap penggunaan bahan ajar perkembangbiakan dengan model pembelajaran core di SMP Negeri Oekamusa kelas IX B. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan metode Borg and Gall. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMP Negeri Oekamusa kelas IX B sebanyak 17 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid dengan rata-rata presentase 91%, bahan ajar juga praktis digunakanberdasarkan hasil analisis kuesioner respon guru dengan presentase 89%, dan respon siswa dengan jumlah presentase 92%. Bahan ajar ini juga efektif digunakan, berdasarkan hasil analisis pertemuan pertama terdapat peningkatan yang signifikan dengan rata-rata presentase 90% dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan proses pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar
perkembangbiakan pada tumbuhan dengan model pembelajaran core, terjadi peningkatan keefektifan belajaran siswa yang signifikan dari pertemuan pertama sebesar 76%, dengan kriteria sangat baik. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajarperkembangbiakan pada tumbuhan dengan model pembelajaran core dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keefektifan
belajar siswa.
Kata kunci: Pengembangan bahan ajar, lembar validasi, keefektifan bahan ajar
TA _ 00149 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain