Electronic Resource
TA _ PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SOE
ABSTRAK:
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi di SMK Negeri 1 Soe karna Rendahnya keaktifan siswa pada proses pembelajaran di sebapkan proses pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher center) dan guru masih menggunakan model pembelajaran ceramah yang disertai dengan Tanya jawab. Dalam proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Biologi, terlihat kurang menarik dan minat siswa dalam belajar masih rendah. Hal ini diketahui dari keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan keaktifan belaja siswa yang kurang dari kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditentukan di sekolah yaitu 75. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dianalisis degan mengunakan skala likert. Dari hasil pengisian angket diperoleh. Jika dilihat dari kriteria angket hasilnya berada pada kriteria tingkat tinggi dan data yang diperoleh menjunjukan bahwa ada dampak yang tinggi pada belajar siswa sebesar 61%. Dari hasil
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengunaan model problem based learning dalam proses pembelajaran biologi kususnya pada materi sistem pencernaan pada manusia dapat meningkatkan keaktifn belajar siswa dalam sebuah kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci : Problem based learning keaktifan belajar siswa.
ABSTACT:
Based on the results of observations and interviews with Biology teachers at SMK Negeri 1
Soe because the low student aktivity in the learning process is due to the fact that the learning process
is still teacher centered (teacher center) and the teacher still uses the lecture learning model
accompanied by question and answer. In the learning process, especially in Biology subjects, it looks
less attractive and students' interest in learning is still low. This is known from the aktivity of student
during the learning process and the active learning of students who are less than the minimum
completeness criteria (KKM) determined at school, namely 75. Learning outcomes are the abilities
possessed by students after receiving their learning experience. The data collection technique used a
questionnaire which was analyzed using a Likert scale. From the results of filling out the
questionnaire obtained. When viewed from the questionnaire criteria the results are at a high level
criteria and the data obtained shows that there is an increase in student learning activeness by 61%.
Student learning activeness in a learning activity.
Keywords: Problem based learning student learning activity
TA _ 00145 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain