Electronic Resource
TA _ ANALISIS KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BIOLOGI SECARA DARING DI SMP NEGERI 1 AMANUBAN BARAT PADA MASA PANDEMI COVID-19
ABSTRAK
Pandemi covid-19 memberi dampak yang signifikan pada sector pendidikan sehingga mengahruskan pembelajaran dilakukan secara daring begitupun sistem pembelajaran yang dilakukan oleh SMP Negeri 1 Amanuban Barat menjadikan sistem pembelajaran dimasa pandemi dengan melakukan pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan menganalisis keefektifan pembelajaran biologi secara daring di SMP Negeri 1 Amanuban Barat pada masa pandemi covid-19. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIIIc SMP Negeri 1Amanuban Barat 1 kelas yang terdiri dari 31 orang partisipan diantaranya 30 orang siswa dan 1 orang guru ipa biologi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kaulitatif. instrumen utama adalah peneliti sendiri, selanjutnya setelah fokus penelitian menjadi jelas, maka dikembangkan instrumen penelitian sederhana, yang diharapkan dapat melengkapi data dan membandingkan dengan data yang telah ditemukan melalui lembar angket, lembar wawancara terstuktur.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar angket, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik miles dan huberman melalui tiga tahap yakni mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa Keefektifan pembelajaran biologi secara daring di SMP Negeri 1 Amanuban Barat pada masa pandemi covid-19 kelas VIII terdiri dari 6 kelas yang pengambilan sampel 1kelas ,dengan melakukan proses belajar mengajar guna memenuhi kebutuhan belajar siswa selama masa pandemi, keefektivan pembelajaran biologi secara daring selama masa pandemi covid- 19 dikatakan kurang efektif karena kurangnya sarana dan prasarana serta ketidaksisapan edukasi teknologi.
Kata kunci: covid-19, Pembelajaran daring
Abstract
The COVID-19 pandemic had a significant impact on the education sector so that learning was required online as well as the learning system carried out by SMP Negeri 1 Amanuban Barat to make the learning system during the pandemic by conducting online learning. This study aims to analyze the effectiveness of online biology learning at SMP Negeri 1 Amanuban Barat during the covid-19 pandemic. The sampling technique in this study was the teachers and students of class VIII SMP Negeri 1 Amanuban Barat which consisted of 31 participants including 30 students and 1 biology
teacher using a qualitative descriptive approach. the main instrument is the researcher himself, then
after the focus of the research becomes clear, a simple research instrument is developed, which is
expected to be able to complete the data and compare it with the data that has been found through
questionnaire sheets, structured interview sheets. Data collection techniques used are questionnaire
sheets, interviews, and documentation, while the data analysis technique uses the Miles and
Huberman technique through three stages, namely reducing data, presenting data and drawing
conclusions. The results of this study indicate that the effectiveness of online biology learning at SMP
Negeri 1 Amanuban Barat during the Covid-19 pandemic class VIII, carrying out the teaching and
learning process to meet student learning needs during the pandemic, the effectiveness of online
biology learning during the covid-19 pandemic is said to be less effective because of the lack of
facilities and infrastructure as well as the unpreparedness of technology education.
Keywords: covid-19, online learning
TA _ 00142 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain