Electronic Resource
TA _ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Amanuban Selatan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji perbedaan motivasi dan prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audiovisual. Penelitian merupakan penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan adalah quasi experimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 yang merupakan kelas eksperimen dan kelas XI2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar angket. Analisis prestasi belajar siswa menggunakan uji T- tes dimana rata-rata kelas eksperimen adalah 86,4 dan kelas kontrol adalah 80,2, peningkatan prestasi belajar siswa dibuktikan dengan analisis T-test yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 0,056 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 0,018. Prestasi belajar siswa kelas ekperimen dengan presentase rata-rata adalah 56% dan nilai rata-rata kelas kontrol 18%. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran terjadi peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa yang signifikan dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Amanuban Selatan pada materi virus dan penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media audiovisual.
Kata Kunci; Discovery Learning, Media Audiovisual, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
ABSTRACT
This study is actually grounded by the students of SMA Negeri 1 Amanuban Selatan motivation and learning achievement. The study is aimed at discassing the difference between motivation and learning aehierement throung the impelementation of discovery learning model assisted with audiovisual aids. This research is experimental in nature using quasi experimental design. The students of grade XI2 were the experimental group and grade X1 were the control group. The instruments were test and observation sheet. Analysis of student learning achievement using the T-test where the average of the experimental class was 86.4 and the control class was 80.2. The increase in student learning achievement was proven by the T-test analysis which showed that the average value of the experimental class was 0.056 and the the control class average is 0.018. The learning achievement of experimental class students with an average percentage is 56% and the average score of the control class is 18% .The result showed that there was significant on students learning motivation and achievement from the 1st meeting to 2nd meeting. Based on the results of this research, it can be concluded that there are differences in increasing student motivation and learning achievement of class X1 students at Amanuban Selatan State High
School on virus material and the application of the discovery learning model audiovisual assistance
Keywords; Discovery Learning, Audiovisual Media, Learning Motivation, Learning Achievement.
TA _ 00128 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain