Electronic Resource
TA _ PENERAPAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SOE
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di kelas VIII SMP. Penelitian ini melibatkan 26 siswa yang dibagi menjadi 4 kelompok secara acak. Partisipasi belajar siswa diukur menggunakan lembar observasi selama proses pembelajaran. Hasil analisis data menggunakan uji skala likert pada indikator partisipasi belajar siswa dalam kelompok dan interaksi antar siswa dan guru, menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan metode konvensional memiliki partisipasi belajar yang rendah 37,35% Dan siswa yang diajar dengan metode STAD memiliki partisipasi belajar yang tinggi 80,04%. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode STAD dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Biologi.
Kata Kunci ; Partisipasi belajar, STAD
ABSTRAK
Study This aim For see effectiveness method Students Teams Achievements Divisions (STAD) For increase learning participation student on eye lesson Biology in class VIlI junior high school Study This involve 26 student Which shared become 4 group in a way random Participation Study student measured use sheet observation during process learning Results analysis data use test scale likert show that Student Which taught with method conventional own participation Study Which very tall 37,35% tan student Which taught with method conventional own participation Study Which low
80,04% Findings This indicated that method STAD can become alternative Which effective For increase participation Study student in process learning Biology.
Keywords:Participation, Student Teams Achievement Divisions (STAD)
TA _ 00124 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain