Electronic Resource
TA _ PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATAP OEUSAP
Abstrak
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran bagi peserta didik secara aktif dalam mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendaliandirinya, kepribadian, kecerdasan, akhlakmulia, serta ketrampilan yang diperlukandirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VIII SMP Negeri Satap Oeusapi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei eksperimen kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Satap Oeusapi yang berjumlah 26 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design (One-shot case study). Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada siswa kelas VIII SMP Negeri Satap Oeusapi rata-rata keaktifan belajar berada pada kategori baik/aktif dengan nilai rata-rata angket sebesar 79,02% dan observasi sebesar 77,99%
Kata kunci : Metode pembelajaran, pembelajaran kooperatif tipe jigsaw,
keaktifan belajar.
Abstract
Education is a conscious and planned endeavour to create a learning atmosphere and learning process for the student to actively develop the potential that is in him to have the spiritual power of religion, its control, personality, intelligence, education, as well as the skills he needs, society, nation and State.The objective of this research is to improve the learning activity of students with cooperative learning methods of Jigsaw type in students of the eighth grade High School State Satap Oeusapi. The method used in this research is a quantitative experimental survey research method. The subjects in this study are students of the eighth grade of the State High School of Satap Oeusapi who totaled 26 students. The
research design used is pre-experimental design (One-shot case study). Samples are taken using purposive sampling techniques. Data collection instruments are observation sheets and lifts. Data analysis techniques used are descriptive and quantitatively analyzed techniques. The results of this study show that with the application of the cooperative learning method of Jigsaw type in the students of the eighth grade High School State Satap Oeusapi average learning activity is in the good/active category with an average elevation score of 79,02% and observation of 77,99%.
Keywords: learning method,cooperative learning of Jigsaw, active learning
TA _ 00123 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain