Electronic Resource
TA _ ANALISIS DAMPAK KEAKTIFAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak keaktifan siswa terhadap prestasi belajar biologi pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik wawancara, lembar angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis angket dan
wawancara, ada beberapa faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa terhadap prestasi belajar biologi pada materi keanekaragaman hayati yaitu, kurangnya keaktifan dari siswa saat memulai kegiatan belajar itu seperti tidak mau bertanya, menjawab pertanyaan, atau memberikan pendapat. Kebanyakan siswa tidak memiliki motivasi sendiri akan pentingnya belajar. Karna guru di SMA Kristen Kesetnana masih menggunakan model pembelajaran langsung atau ceramah. Selain itu siswa lebih sering menyibukan diri sendiri seperti bermain handphone, bahkan ada yang tidur saat guru menjelaskan materi di depan kelas. Dalampenelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa terhadap prestasi belajar biologi pada materi keanekaragaman hayati yang ditemukan yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa (internal) itu seperti tidak memiliki motivasi, minat,dan kesiapan siswa dan faktor yang berasal dari luar siswa (eksternal) itu seperti kurangnya dukungun dari orang tua, guru atau teman-teman dapat membuat siswa merasa tidak termotivasi dan kurang percaya diri dalam belajar.
Kata Kunci : keaktifan siswa, prestasi belajar biologi
Abstract
This study aims to determine the impact of student activity on biology learning achievement in biodiversity material. The research method used is a qualitative descriptive method. Data collection techniques using interview techniques, questionnaire sheets and documentation. Based on the results of the questionnaire and interview analysis, there are several factors that influence student activity on biology learning achievement in biodiversity material, namely, the lack of student activity when starting learning activities such as not wanting to ask, answer questions, or give opinions. Most students do not have their own motivation for the importance of learning. Because teachers at Kesetnana Christian High School still use
direct learning models or lectures. In addition, students are more often busy themselves such as playing with cellphones, some even sleep when the teacher explains the material in front of the class. In this study it can be concluded that there are two factors that influence student activity on biology learning achievement in biodiversity material found, namely factors that come from within the student (internal) such as not having motivation, interest, and student readiness and factors that come from outside the student (external) such as lack of support from parents, teachers or friends can make students feel unmotivated and less confident in learning.
Keywords: student activity, biology learning achievement
TA _ 00121 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain