Electronic Resource
TA _ ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VIII DI SMP NEGERI SATAP PENMINA
Kesulitan belajar siswa umumnya dipengaruhi oleh dua aspek, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal melibatkan kurangnya minat dalam pembelajaran, kurangnya bakat alami dalam suatu bidang, dan gangguan kesehatan
yang dapat menghambat proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas VIII di SMP Satap Penmina. Analisis data dilakukan secara kualitatif deskriptif, data yang diperoleh
dari penelitian ini berupa data hasil belajar siswa dan hasil pengisian Angket. Hasil dari analisis tersebut di dapatkan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa SMP Satap Penmina meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor kesulitan belajar dari faktor internal siswa berupa aspek kesehatan, kesiapan diri dan kesulitan sedangkan faktor eksternal siswa berupa fasilitas sekolah dan keluarga. Hasil angket yang disebarkan kepada 25 siswa dengan 30 item soal pernyataan ditemukan bahwa untuk nilai responden yang diperoleh yakni untuk faktor kesiapan diri 30%, faktor kesehatan 32%, faktor sekolah 35%, kesulitan 32%, keluarga 32%.
Kata kunci: Kesulitan belajar siswa SMP Kelas VIII
Abstract
Students' learning difficulties are generally influenced by two aspects, namely internal factors and external factors. Internal factors include lack of interest in learning, lack of natural talent in a field, and health disorders that can hinder the
learning process. The purpose of the study is to analyze the learning difficulties of students in the biology subjects of the 8th grade at S.M. Satap Penmina. The data analysis is qualitatively descriptive, the data obtained from this study are data of student learning results and Angket filling results. The internal factors of learning difficulties are health, preparedness and difficulty, while the external factors are school and family facilities. The results distributed to 25 students with 30 items on
statements found that for the respondents the score obtained was for the self- preparation factor 30%, health factor 32%, school factor 35%, difficulty 32%, family 32%.
Keywords: Learning difficulties of high school students of the eighth grade
TA _ 00117 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain