Electronic Resource
TA _ PENERAPAN METODE JELAJAH ALAM SEKITAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMPK SANTHO YOSEPH FREINANDEMENTZ KAPAN
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPK Santho Yoseph Freinandementz Kapan. Sampel dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VII A SMPK Santho Yoseph Freinandementz Kapan berjumlah 18 orang. Data penelitian diambil dengan menggunakan tes yang terdiri atas 26 butir soal pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif statistik. Hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menerapkan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) mencapai rata-rata pada post-test 90 pada kategori tinggi, sedangkan pre- tes 30 pada kategori rendah. Uji t dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh Penerapan Metode Jelajah Alam Sekitar (JAS) terhadap hasil belajar siswa SMPK Santho Yoseph Frinandementz Kapan pada materi ekosistem yang dapat dilihat pada hasil analisis deskriptif rata-rata post-test 79,44. Pada uji hipotesis dengan menggunakan praid sampel t-test dengan nilai signifikan 0,001.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Jelajah Alam Sekitar (JAS), Ekosistem
Abstrac
The aim of this research is to determine the effect of applying the Environmental Exploration Method (JAS) on student learning outcomes in ecosystem material. This students at SMPK Santho Yoseph Ferinandementz Kapan. The sample in this studywas 18 students in class VII A of SMPK Santho Yoseph Ferinandementz Kapan. Research data was taken using a test consisting of 26 multiple choice question. Data were analyzed using descriptive statistic. Studen learning outcomes before and after applying the Environmental Exploration Method (JAS) reached an average of 90 in the post-test in the high category, while the pre-test was 30 in the low category. The t test was carried out to determine the effect of applying the the Environmental Exploration Method (JAS) on student learning outcomes in ecosystem material. The results obtained from the research show that there is an influence of the application of the Environmental Exploration Method (JAS) on
the learning outcomes of SMPK Santho Yoseph Ferinandementz Kapan student on ecosystem material which can be seen in the results of the descriptive analyziz, with a post-test average of 79,44. In hypotesus testing using a praid sample t-test with a significant value of 0,001.
Keywords: Learning Outcomes, Exploring the Natural Environments (JAS), Ecosystem
TA _ 00116 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain