Electronic Resource
TA _ PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ANIMASI PhET PADA MATERI HUKUM II NEWTON UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK SMA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik SMA pada materi Hukum II Newton dengan media pembelajaran berbantuan animasi PhET . Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research dan Development (R&D) di kelas X SMA Kristen Kesetnana dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi
ahli media, LKPD dan soal tes sebanyak 15 nomor. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t parametris untuk data berdistribusi normal dan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk layak digunakan berdasarkan validasi ahli dengan kategori sangat layak yaitu 90,10%. Reliabilitas tes yang dikembangkan sebesar 0,812 dengan kategori tinggi, tingkat kesukaran soal tes terdiri atas 15 butir soal sedang, daya pembeda soal
menunjukkan 11 butir soal dalam kategori baik dan 4 soal memiliki daya pembeda jelek, adapun hasil uji one sampel test dengan nilai thitung untuk postest sebesar 3,161, artinya ada pengaruh penggunaan media pemblejaran berbantuan animasi PhET dan hasil analisis identifikasi menunjukkan bahwa persentase hasil belajar kognitif yang dialami oleh peserta didik yaitu sebesar 68,16%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis animasi PhET yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Hukum II Newton.
Kata kunci : Animasi PhET, hasil belajar kognitif, Hukum II Newton.
TA _ 00114 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain