Electronic Resource
TA _ PENGARUH KEAKTIFAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
This research aims to produce a study on the influence of student engagement and learning interest on mathematics academic achievement. The research method used is descriptive quantitative. The population consists of all 10th-grade students at SMK Negeri 1 Soe for the 2023/2024 academic year, comprising 12 classes, while the sample is taken from one class using simple random sampling. Data collection techniques involve questionnaires on engagement and learning interest, while mathematics achievement is measured through UAS scores. Data analysis employs multiple linear regression tests. The results indicate that the linear regression equation Ŷ= 17.486 + 0.307X1 + 0.266X2. Student engagement significantly affects mathematics achievement, with a value of = 2.178 > 2.052. Simultaneously, the value = 3.567 > 2.052 leads to rejection and acceptance, indicating that both engagement and learning interest significantly impact mathematics achievement among students at SMK Negeri 1 Soe. The influence of student engagement and learning interest on mathematics achievement is 20.9%, while the remaining factors are influenced by other unexamined variables in this study.
Keywords: student engagement, learning interest, and mathematics achievement.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kajian mengenai pengaruh keaktifan dan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Soe tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 12 kelas, sedangkan sampel penelitian diambil 1 kelas dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket keaktifan dan minat belajar, sedangkan prestasi belajar matematika diambil dari nilai UAS. Teknis analisis data menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi linear Ŷ = 17,486 + 0,307X1 + 0,266X2. Keaktifan siswa menunjukan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika yaitu nilai ????ℎ???????????????????? = 2,178 > ???????????????????????? = 2,052. Secara simultan nilai ????ℎ???????????????????? = 3,567 > ???????????????????????? = 2,052 maka ????0 ditolak dan ????1 diterima, artinya secara bersama-sama keaktifan dan minat belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika pada siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Soe. Besarnya pengaruh keaktifan dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 20.9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci: keaktifan siswa, minat belajar dan prestasi belajar matematika
TA _ 00106 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain