Electronic Resource
TA _ “ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR”
ABSTRACT
This research aimed to analyze math students ‘ problem solving ability examined by learning style. It was descriptive qualitative design. Subject of study is XI1 students of SMA Negeri 1 Mollo Selatan. Data collection procedure used test for identifying math students‘ problem solving ability, questionnaire of learning style to see students ‘ learning style and
interview to get more infromation about math students’ problem solving ability and learning style. Result showed that, (1) Visual learning style students able to identify problem and make match model well, such as able to write things they have known and asked, applied strategy and interpreted the result (2) Auditorial learning style students able to identify problems but confuse in make match model and less in applying problem solving strategy thus interpretation of result stage is imprecise (3) Kinesthetic learning style student able to identify problem and implement strategy, but unable to interpret the result thus last answer inexact.
Keywords: math problem solving ; learning style.
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X11 SMA Negeri 1 Mollo Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, angket gaya belajar untuk mengetahui gaya belajar siswa dan wawancara unutk mengkaji lebih dalam tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan gaya belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) siswa dengan gaya belajar visual mampu mengidentifikasi masalah dan membuat model matematika dengan baik diantaranya mampu menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan, mampu menerapkan strategi dan mampu menginterpretasikan hasil; (2) siswa dengan gaya belajar auditori mampu mengidentifikasi masalah, namun masih keliru dalam membuat model matematika dan juga kurang mampu menerapkan strategi pemecahan masalah, sehingga pada tahap menginterpretasikan hasil belum tepat; (3) siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu mengidentifikasi masalah dan menerapkan strategi, tetapi belum mampu menginterpretasikan hasil sehingga jawaban akhir belum tepat.
Kata kunci : pemecahan masalah ; matematis ; gaya belajar
TA _ 00105 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain