Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING

Electronic Resource

TA _ KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING

Liunima, Aldi - Nama Orang; Gella, Netty J. M. - Nama Orang; Bien, Yusak I. - Nama Orang;

Abstract
Problem solving ability is the ability to solve routine and non-routine problems that are applied or not applied in mathematics learning. Problem solving ability includes the ability to understand problems, design mathematical models, solve models and interpret the solutions obtained. This study aims to produce a study of students' mathematical problem solving abilities in classes that receive quantum teaching model learning and students who do not receive quantum teaching learning. This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental model of the non- equivalent control group design type. The population in this study were all students of class XI of SMK Kencana Sakti Haumeni Soe and the research sample was taken from 2 classes using a simple random sampling technique. The data collection test used was in the form of essay questions consisting of pre-test and post-test questions. The data analysis technique in this study
was the independent sample t-test which showed a value159,2countt >03,2tablet Value so that the mathematical problem solving ability of students in the experimental class was better than students in the control class. The magnitude of the increase in students' mathematical problem-solving ability using N-gain data obtained an average value of the experimental class of 0.40 in the medium category, while the average value of the control class was 0.10 in the low
category.
Keywords: quantum teaching, problem-solving ability
Abstrak
Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan untuk menyelesaikan masalah rutin dan non rutin baik yang diterapkan maupun yang tidak diterapkan dalam pembelajaran matematika. Kemampuan pemecahan masalah meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kajian tentang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas yang mendapat pembelajaran model quantum teaching dan siswa yang tidak mendapat pembelajaran quantum teaching. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model quasi-eksperimental jenis non equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Kencana Sakti Haumeni Soe dan sampel penelitian diambil 2 kelas dengan teknik simple random sampling. Tes pengumpulan data yang digunakan adalah berupa soal uraian yang terdiri dari soal pre-test dan post-test. Teknik analisis data dalam penelitian ini
adalah uji t-sampel independen yang menunjukkan nilai159,2hitungt >03,2tabelt sehingga kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada kelas yang memperoleh model pembelajaran quantum teaching lebih baik dari siswa pada kelas yang tidak memperoleh model pembelajaran quantum teaching. Besar peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan data N-gain diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 0,40 pada
kategori sedang, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 0,10 pada kategori rendah.
Kata Kunci: quantum teaching, kemampuan pemecahan masalah


Ketersediaan
TA _ 00097My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Tugas Akhir
quantum teaching
problem-solving ability
Pendidikan Matematika 2024
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Liunima, Aldi
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik