Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ PENINGKATAN LITERASI MEMBACA MELALUI PAPAN EJAAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS II SD GMIT OELBUBUK

Electronic Resource

TA _ PENINGKATAN LITERASI MEMBACA MELALUI PAPAN EJAAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS II SD GMIT OELBUBUK

Neonleni, Yusuf A. - Nama Orang; Nenoliu, Dian S. - Nama Orang; Husin, Vivi E. R - Nama Orang;

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi membaca pada peserta didik kelas II SD GMIT Oelbubuk, penelitian ini menggunakan model desain PTK dengan mengunakan alat peraga papan ejaan. Desain penelitian yang digunakan menurut model Kemmis Mc. Taggart yaang terdiri dari 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. yang dilakukan dalam 2 siklus dengan mengunakan subjek penelitian berjumlah 17 peserta didik terdiri dari 7 perempuan dan 10 laki-laki. Hasil penelitian siklus I pada observasi guru mendapatkan rata-rata 76,9% dan siklus II meningkat 92,3%. Sedangkan observasi penilaian aktivitas peserta didik siklus I 80% dan siklus II meningkat menjadi 88,2%. Literasi membaca peserta didik pada siklus I memperoleh rata- rata 74,1 siklus II meningkat menjadi 95,2%, bila dibandingkan rumus N-Gain pada siklus I mendapatkan 0,5% pada siklus II meningkat 0,81% dengan kriteria sangat tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan pengunaan alat peraga papan ejaan dapat meningkatkan literasi membaca pada peserta didik.
Kata kunci: Alat Peraga Papan Ejaan, peningkatan Literasi Membaca
Abstract
This research aims to improve reading literacy in class II students at GMIT Oelbubuk Elementary School. This research uses a PTK design model using spelling board props. The research design used was according to the Kemmis Mc model. Taggart consists of 4 (four) stages, namely planning, implementation, observation and reflection. which was carried out in 2 cycles using research subjects totaling 17 students consisting of 7 women and 10 men. The results of the first cycle of research on teacher observations obtained an average of 76.9% and the second cycle increased by 92.3%. Meanwhile, observation of student activity assessments in cycle I was 80% and cycle II increased to 88.2%. The reading literacy of students in cycle I obtained an average of 74.1 in cycle II, increasing to 95.2%, when compared to the N-Gain formula in cycle I which obtained 0.5% in cycle II, an increase of 0.81% with very high criteria. Based on the results of this research, it can be concluded that
using spelling board teaching aids can increase reading literacy in students.
Keywords: Spelling Board Props, increasing Reading Literacy


Ketersediaan
TA _ 00083My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Tugas Akhir
PGSD 2024
Alat Peraga Papan Ejaan
peningkatan Literasi Membaca
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Neonleni, Yusuf A.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ TA _ PENINGKATAN LITERASI MEMBACA MELALUI PAPAN EJAAN BAGI PESERTA DIDIK KELAS II SD GMIT OELBUBUK
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik