Electronic Resource
TA _ PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CONGKLAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN KELAS II SD INPRES SAHAN
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media congklak terhadap hasil belajar siswa pada materi perkalian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan di kelas II SD Inpres Sahan. Teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh, dimana seluruh siswa kelas II SD Inpres Sahan menjadi sampel penelitian yang terdiri dari 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu teknik tes berupa soal uraian untuk mengetahui pengaruh penggunaan media congklak terhadap hasil belajar siswa. Teknik analisis data yag digunakan yaitu uji regresi linear sederhana, namun sebelumnya terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan linearitas sebagai uji prasyarat. Hasil penelitian telah menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara media pembelajaran congklak terhadap hasil belajar siswa sebesar 22,2%. Sedangkan sisanya 77,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Persamaan regresinya yaitu Ỹ = 74,881 + 0,220 X yang berarti bahwa setiap penambahan satu satuan pada media pembelajaran congklak, maka hasil belajar siswa juga bertambah sebesar 0,220 satuan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Congklak, Hasil Belajar Siswa
Abstract
This research aimed to describe the effect of using congklak media on students’ learning outcomes in multiplication lesson. This research used a quantitative method with a one group pretest-posttest design. This research was conducted in class II of SD Inpres Sahan. The sampling technique was a saturated sample technique, where all class II students at SD Inpres
Sahan became the research sample, consisting of 20 students. The data collection technique used was a test technique in the form of essay questions to determine the effect of using congklak media on students’ learning outcomes. The data analysis technique used was a simple linear regression Test, but first a normality and linearity test were carried out as a prerequisite test. The research results have shown that there was a significant influence between congklak learning media on student learning outcomes of 22.2%. Meanwhile the rest 77.8% was influenced by other factors not researched in this study. The regression equation is Ỹ = 74.881 + 0.220 which meant that for every addiotional unit of conglak learning media, students’ learning outcomes also increased by 0.220 units.
Keywords: Congklak Learning Media, Student Learning Outcomes
TA _ 00082 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain