Electronic Resource
TA _ PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI METAMORFOSIS BAGI SISWA KELAS IV SD INPRES TAUBNENO
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Taubneno setelah penerapan media audiovisual pada materi metamorfosis. Penelitian in merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Taubneno yang berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji N-Gain untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi metamorfosis sebelum dan sesudah menggunakan media audiovisual. Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus dengan masing-masing siklus tiga kali pertemuan. Pada tahap pre-test siswa yang mencapai KKM sebanyak 6 siswa atau sama dengan 35%. Setelah
diterapkan diterapkan media audiovisual maka kemapuan hasil belajar siswa meningkat pada tahap post-test siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 11 atau sama dengan 64%. Pada tahap post-test siklus II siswa yang mencapi KKM sebanyak 14 atau sama dengan 82%. Dari hasil yang diperoleh dapat menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Taubneno dari hasil belajar sebelumnya.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Media Audiovisual; Metamorfosis
ABSTRACT
The aim of this research was to find out the improvement in learning outcomes by fourth grade of SD Inpres Taubneno after applying audiovisual media to methamorphosis material. This research is classroom action research (CAR). This research was conducted in fourth grade of SD Inpres Taubneno numbering of 17 Students, which consist of 6 Male students and 11 Female Students. Data collection technique used was Interviews, Observations, and Tests. The technique used was N-Gain tests measuring improvements in student learning outcomes in IPAS subject methamorphosis material before and after using audiovisual media. This research used 2 cycle with each cycle having three times of meetings. In Pre-Tests Stage found that the students who achieve KKM was 6 students equal to 35%, after applying audiovisual media, then the ability of learning outcomes increases at Post-Tests cycle I, the students who achieve was 11 equal to 64%, at the Post-tests cycle II the students who achieve was 14 equal to 82%, The result of this study can be concluded that the use of audiovisual media can improve the fourth grade of SD Inpres Taubneno become from the previous results.
Keywords: Learning Outcomes; Audio Visual Media;Metamorphosis
TA _ 00081 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain