Electronic Resource
TA _ PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI PENMINA
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan media kartu kata bergambar pada peserta didik kelas 1 SD Negeri Penmina. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas 1 SD
Negeri Penmina, 25 orang peserta didik, terdapat 13 orang peserta didik perempuan dan 12 orang peserta didik laki-laki, tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar obsevasi, pre-tes, post-tes. Pada tahap pretest nilai rata- rata siswa 57,72 dengan peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 20%, setelah penerapan penggunaan media gambar kartu kata bergambar terdapat peningkatan nilai pada posttes dimana nilai rata-rata peserta didik 68.4 dan peserta didik yang mencapai KKM meningkat menjadi 40%. Pada posttes siklus II nilai rata-rata peserta
didik meningkat menjadi 80.84 dengan peserta didik yang mencapai KKM 84%. Perolehan hasil menunjukan bahwa penerapan penggunaan media kartu kata bergambar sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri Penmina
Kata kunci : Bahasa Indonesia, membaca mermulaan, kesulitan membaca, media kartu kata bergambar.
Abstarct
The aim of this research is to describe the application of picture word card media to grade 1 students at SD Negeri Penmina. This type of research is classroom action research. This classroom action research was conducted in grade 1 of Penmina State Elementary School, twenty-five students, there were thirdteen female and twelve male students, in the 2024/2025 academic year. Data collection techniques used observation sheets, pre-tests, post-tests. At the pretest stage, the average student score was 57.72 with 20% of students achieving MMC, after the application of the use of picture word card media there was an increase in the score in the posttest where the average student score was 68.4 and students who achieved Mastery Minimum Criteria (MMC) increased to 40%. In the posttest cycle II, the average student score increased to 80.84 with 84% of students achieving MMC. The results showed that the application of the use of picture word card media was very effective in improving the beginning reading skills of students in grade I of Penmina State Elementary School.
Keywords: Bahasa Indonesia, beginning reading, reading difficulties, picture word card.
TA _ 00080 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain