Electronic Resource
TA _ PENGGUNAAN POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DAN PEMANFAATANNYA DI KELAS IV MIS AL- HUDA OEBESA
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV Mis Al-Huda Oebesa setelah belajar menggunakan powerpoint Interaktif. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Mis Al-Huda Oebesa kecamatan Amanuban Timur berjumlah 12 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah berupa lembar observasi dan tes. Dalam penelitian ini digunakan II siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Pada tahap pretest yang mencapai KKM sebanyak 5 siswa atau 42%.
Setelah diterapkan powerpoint interaktif maka hasil belajar siswa meningkat berdasarkan hasil posttest pada siklus I sebanyak 9 siswa atau 75%. Pada tahap posttest siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak siswa 10 atau 83%. Peningkatan hasil belajar pada siswa juga dapat di lihat dari nilai rata-rata siswa yang mencapai KKM dimulai dari 56,25 untuk pretest menjadi 79,16 untuk posttest siklus I dan 83,75 untuk posttest siklus II. Sehingga menunjukkan bahwa penggunaan powerpoint interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Mis Al-Huda Oebesa .
Kata Kunci: Hasil belajar, Powerpoint Interaktif
Abstract
The aim of this research is to explain the improvement in learning outcomes of fourth grade students in Mis Al-Huda Oebesa after learning using Interactive PowerPoint. This research uses a Classroom Action Research (CAR) design. The subjects in this research were 12 students in class IV Mis Al-Huda Oebesa, East Amanuban subdistrict. The instruments used
to collect research data are observation sheets and tests. In this research, II cycles were used with two meetings in each cycle. At the pretest stage, 5 students or 42% reached the KKM. After implementing interactive PowerPoint, student learning outcomes increased based on the results of the posttest in cycle I by 9 students or 75%. In the posttest stage of cycle II, 10 students or 83% reached the KKM. The increase in student learning outcomes can also be seen from the average score of students who achieved the KKM starting from 56.25 for the pretest to 79.16 for the cycle I posttest and 83.75 for the cycle II posttest. So it shows that the use of interactive PowerPoint can improve the learning outcomes of class IV students, Mis Al-Huda Oebesa.
Keywords: Learning outcomes, Interactive Powerpoint
TA _ 00079 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain