Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS IV SD INPRES NONOHONIS

Electronic Resource

TA _ PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS IV SD INPRES NONOHONIS

Haumeni, Tonce S. - Nama Orang; Liunokas, Angreni B. - Nama Orang; Tafuy, Ardi Y. - Nama Orang;

Abstrak
Model problem based learning (PBL) memiliki hubungan dengan motivasi belajar matematika karena dalam pembelajaran kemampuan siswa untuk menyelesaikan masalah, mengamati suatu masalah, merumuskan masalah dan merumuskan pemecahan masalahnya serta mengungkapkan ide -ide guru untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap motivasi belajar matematika siswa. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif statistik inferensial yang melibatkan 19 siswa kelas IVa SD Inpres Nonohonis dengan model pembelajaran problem based learning (PBL). Data dikumpulkan dari 19 respon berupa lembar angket pembelajaran problem based learning (PBL) dan angket motivasi belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning (PBL) 0.858 ˃ 0.05 sehingga nilai residual berdistribusi normal. Hasil uji linearitas menunjukkan nilai signifikan dari linearitas sebesar 0.009 ˃ 0.005 maka terdapat pengaruh
penerapan model problem based learning (PBL) terhadap motivasi belajar matematika siswa yang dikategorikan sedang. Analisis regresi linear sederhana dengan tingkat siknifikan sebesar 0.009 ˃ 0.05, yang berarti adanya pengaruh problem based learning (PBL) terhadap motivasi belajar matematika siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh problem based learning (PBL) terhadap motivasi belajar matematika siswa sebesar 34% sedangkan sisanya 66% di pengaruh oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Motivasi Belajar Matematika Siswa, Sekolah Dasar
Abstract
The problem-based learning (PBL) model has a relationship with motivation to learn mathematics because, in learning mathematics, students’ ability to solve problems, observe problems, formulate problems and solutions to problems, and express teacher ideas increases their motivation to learn mathematics. This study aims to determine the effect of the application of problem-based learning on student’s math learning motivation. The study employed a quantitative inferential statistics method, involving 19 students from class IV a SD Inpres Nonohonis, and a problem-based learning (PBL) learning model. We collected data from 19 responses using a learning questionnaire sheet for problem-based learning (PBL) and a questionnaire measuring students' motivation for mathematics learning. The application of the problem-based learning (PBL) model yielded results ranging from 0.858 to 0.05, indicating a normally distributed residual value. The linearity test results show a significant value of linearity of 0.009 ˃ 0.005, so there is an effect of the application of the problem-based learning (PBL) model on student motivation to learn mathematics, which is categorized as moderate. Simple linear regression analysis with a significant level of 0.009 ˃ 0.05 means that there is an effect of problem-based learning (PBL) on students' motivation to learn mathematics. This study reveals that the impact of problem-based learning (PBL) on students' motivation to learn mathematics is 34%, with other factors not included in this study influencing the remaining 66%.
Keywords: Problem-based learning (PBL) model, student motivation to learn mathematics, elementary scool


Ketersediaan
TA _ 00078My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
Tugas Akhir
PGSD 2024
Model Problem Based Learning (PBL)
Motivasi Belajar Matematika Siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Haumeni, Tonce S.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA KELAS IV SD INPRES NONOHONIS
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik