Electronic Resource
TA _ UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARN PKN MELALUI METODE DISKUSI DI KELAS V SD GMIT SEI II
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V setelah penerapan metode diskusi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD GMIT SEI II yang berjumlah 10 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu wawancara, observasi dan tes. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu uji N-Gain untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn sebelum dan sesudah menggunakan metode diskusi. Dalam penelitian ini digunakan II siklus dengan setiap siklus empat kali pertemuan. Pada tahap pre-test siswa yang mencapai KKM sebanyak 2 siswa atau sama dengan 20%. Setelah diterapkan metode diskusi maka kemampuan hasil belajar siswa meningkat pada
tahap post-test siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 3 siswa atau sama dengan 30%. Pada tahap post-test siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 siswa atau sama dengan 90%. Dari hasil yang diperoleh dapat menunjukkan bahwa penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD GMIT SEI II.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Diskusi, Pelajaran PKn.
ABSTRACT
This study aims to determine the efforts to improve learning outcomes in five grade students after used the application of the discussion method. This research used classroom action research (CAR). The research subjects were 10 students of V grade students of SD GMIT SEI II, consisting of five male students and five female students. The data collection techniques
were used interviews, observation and tests. The data analysis technique used is the N-Gain test to improve students’ learning outcomes in Civics subjects before and after using the discussion method. In this study, two cycles were used with four meetings in each cycle. At the pre-test stage, two students or 20% reached the MMC (Minimum Mastery Criteria). After applying the discussion method, the students' learning outcomes increased in the post-test stage of cycle I, where three students or 30% reached the MMC. In the post-test stage of cycle II, nine students or 90% reached the MMC. From the results obtained, it can be showed that the use of the discussion method can improved the learning outcomes of grade V students of SD GMIT SEI II.
Keywords: Learning Outcomes, Discussion Method, Civics Lesson.
TA _ 00076 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain