Electronic Resource
TA _ PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SEMPOA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DI KELAS II SD INPRES LIL’ANA
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas II SD Inpreslil’ana jumlah siswa 14 orang pada materi penjumlahan menggunakan media pembelajaran sempoa. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di laksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus pembelajaran dilakukan dengan menerapkan media
pembelajaran sempoa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes berupa pre-tes dan post-test. Instrumen penelitian ini adalah soal berbentuk pilihan ganda dan lembar observasi yang di lakukan pada guru dan siswa. Teknik analisis data yang di gunakan adalah uji N-gain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media
pembelajaran sempoa dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada siklus I sebesar 0,38 berkriteria sedang dan pada siklus II sebesar 0,63 berkriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran sempoa pembelajaran Matematika memberikan pengaruh bagi hasi belajar matematika pada materi
penjumlahan di kelas II Inpres Lil’ana.
KataKunci : Media Pembelajaran Sempoa, Hasil Belajar, Matematika, Kelas II
Abstrac
The aim of this research is to improve students' mathematics learning outcomes in class II at Lil'anaInpres Elementary School by summarizing material using abacus learning media. This research is classroom action research (PTK), which is carried out in 2 cycles. Each learning cycle is carried out by applying the abacus learning medium. The data collection
techniques used were observation and tests in the form of pre- and post-tests. The instrument of this research is multiple-choice questions and observation sheets carried out on teachers and students. The data analysis technique used is the N-gain test. The results of this research indicate that the application of abacus learning media improves student learning
outcomes in cycle I by 0.38 for medium criteria and in cycle II by 0.63 for high criteria. Based on the results of this research, it can be concluded that the application of abacus learning media improves mathematics learning outcomes in addition material in class II of InpresLil'ana.
Keywords:Learning Outcomes Abacus Learning Media
TA _ 00075 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain