Electronic Resource
TA _ PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS V DI SD GMIT TENLENU
PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR SISWA PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS V DI SD GMIT
TENLENU
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpindahan kalor melalui penerapan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest, yang dilakukan di kelas V SD GMIT Tenlenu. Teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh, dimana seluruh siswa kelas V SD GMIT Tenlenu menjadi sampel penelitian yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu tekni tes.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji N-Gain, maka sebelumnya akan dilakukan uji normalitas sebagai prasyarat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil pretest siswa adalah 58,13% dengan kategori rendah, selanjutnya diterapkan metode eksperimen pada proses pembelajaran maka hasil posttest siswa terdapat peningkatan sebesar 90,93%. Setelah dilakukan uji hipotetis di dapat nilai sebesar 28,291 dengan tingkat signifikasi 0,012 dan thitung > ttabel maka H0 di tolak Ha di terima. Rata-rata skor dari nilai N-Gain yang di peroleh sebesar 0,83 termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode eksperimen dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD GMIT Tenlenu.
Kata Kunci: Metode Eksperimen, Hasil Belajar, Perpindahan Kalor
Abstract
The aim of this research is to find out how to improve student learning outcomes in heattransfer material though the application of experimental methods. This research is quantitative research with a one group pretest-posttest design, which was conducted isn class V of GMIT Tenlenu elementary school. The sampling technique was asaturated sample, where all fifth-grade students at GMIT Tenlenu elementary school were the research sample, tatoling 32 people. The callecation technique used is a test. The data analysis used is the N-Gain test, sopreviously a normality test will be carried out as a prerequisite. The results of this researht show that the average score of students pretest results is 58,13% in the low category, then the experimental method is applied to the learning precess so that students posttest results increase by 90,93%. After carrying out a hypothetical test, a value of 28,291 was obtained with a significance level of 0,012 and t caunt > t table, so Ho was rejected and Ha was accepted. The average score of the N-Gain value abtained was 0,83, which is included in the high category. Based on the result of this research, it can be concluded that applying the experimental
method can improve the learning outcome of fifh grade students at GMIT Tenlenu elementary school.
Keywords: Exprimental Method, Learning Results, Heat Transfer
TA _ 00073 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain