Electronic Resource
TA _ PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V DI SD INPRES SIUFMUKE
ABSTRAK
Peran guru adalah strategi guru untuk mengubah cara mengajar dan menciptakan suasana mengajar menyenangkan di dalam kelas sehingga siswa dapat terlibat dan aktif dalam mengikuti pembelajaran dengan aktif dan tidak pasif. Karakter merupakan pendidikan moral yang ditanamkan dalam diri siswa-siswi sekolah dasar berupa nilai-nilai yang tidak terlepas dari keseharian dalam proses pembelajaran. tanggung jawab siswa merupakan perilaku yang dilakukan oleh setiap siswa
dalam rangka mematuhi aturan-aturan yang ditetapkan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa kelas V di SD Inpres Siufmuke. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, waktu penelitian satu bulan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, triangulasi data berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa bentuk karakter tanggung jawab yang ditunjukan oleh siswa kelas V SD Inpres Siufmuke antara lain tanggung jawab terhadap waktu, tanggung jawab menegakkan aturan. dengan presentase skor 75% kemudian peran guru kelas V dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa kelas V SD Inpres Siufmuke yaitu dengan cara guru menegakan aturan, menerapkan metode keteladanan, dan metode pembiasaan. Sehingga dapat ditunjukkan dengan perubahan sikap dan perilaku peserta didik ke arah yang lebih baik.
Kata kunci: peran Guru, Karakter, tanggung jawab siswa.
ABSTRACT
THE ROLE OF THE TEACHER IN FORMING THE RESPONSIBLE CHARACTER OF CLASS V STUDENTS AT INPRES SIUFMUKE PRIMARY SCHOOL The Teachers' Roleis a teacher's strategy to change the way of teaching and create a fun teaching atmosphere in the classroom so that students can be involved and active in participating in learning actively and not passively. Character is a moral education that is instilled in elementary school students in the form of values that are inseparable from everyday life in the learning process. Student responsibility is behavior carried out by each student in order to comply with the rules set at school. This study aims to determine the role of teachers in shaping the character of responsibility of grade V students at SD Inpres Siufmuke. This study used a qualitative descriptive method, the research time is one month. Data collection techniques used observation, interviews and documentation, data triangulation in the form of technical triangulation and source triangulation. The results of the study showed that the form of character responsibility shown by grade V students of SD Inpres Siufmuke included responsibility for time, responsibility for enforcing rules. with a score percentage of 75% then the role of grade V teachers in shaping the character of responsibility of grade V students of SD Inpres Siufmuke was enforcing rules, applying exemplary methods, and habituation methods. So that it can be shown by changes in students' attitudes and behavior towards the better.
Keywords: Teacher's role, Character, student responsibility
TA _ 00072 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain