Electronic Resource
TA _ PENGGUNAAN MEDIA JAM SUDUT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI PENGUKURAN SUDUT DI KELAS V SD NEGERI KESETNANA
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengunaan media jam sudut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang pengukuran sudut. Penelitian ini menggunakan rancangan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Kesetnana kecamatan Mollo Selatan yang berjumlah 20
orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan tes. Dalam penelitian ini digunakan II siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Pada tahap pretes terdapat 6 orang (30%) peserta didik yang mencapai KKM. Setelah diterapkan media jam sudut maka hasil belajar peserta didik meningkat berdasarkan hasil posttest pada siklus I sebanyak 8 orang (40%). Pada tahap posttes siklus II peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 20 orang
(100%). Dari hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penggunaan media jam sudut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Kesetnana.
Kata Kunci: Penggunaan Media Jam Sudut, Hasil Belajar
Abstract
The aim of this research is to find out whether the use of angle clock media can improve students' learning outcomes regarding angle measurement. This research uses a Classroom Action Research (PTK) method design. The subjects in this research were 20 class V students at Kesetnana State Elementary School, South Mollo subdistrict. The instruments used in the research were observation sheets and tests. In this research, II cycles were used with two meetings in each cycle. At the pre-test stage there were 6 students (30%) who reached the KKM. After implementing the corner clock media, student learning outcomes increased based on the results of the posttest in cycle I as many as 8 people (40%). In the second cycle post-test stage, 20 students (100%) reached the KKM. The results obtained show that the use of corner clock media can improve the learning outcomes of class V students at Kesetnana State Elementary School.
Keywords:Use of Angle Clock Media, Learning Results
TA _ 00071 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain