Electronic Resource
TA _ PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DEMONSTRASI PERBANTUAN ALAT PERAGA SAKU-SAKU CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DAN BENDA TAK HIDUP SISWA KELAS III SD INPRES TAUBNENO PADA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN BENDA TAK HIDUP
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar ipa melalui metode demonstrasi berbantuan alat peraga saku-saku cirri-ciri makhluk hidup dan benda tak hidup siswa kelas III SD Inpres Tubneno Pada Materi makhluk hidup dan benda tak hidup. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Taubneno, dengan jumlah peserta didik 20 siswa, terdiri dari 10 perempuan dan 10 laki-laki.Instrumen untuk pengumpulan data
menggunakan lembar observasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini diperoleh dari lembar observasi hasil belajar siswa dan lembar observasi guru. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa sebesar 45,5% dan presentase hasil belajar klasikal 20 % atau (4 peserta didik yang tuntas) dan 85% atau 17 Pesertadidik yang tidak tuntas pada siklus 1. Pada siklus 2 hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 88,75% dan presentasi hasil belajar klasikal 100% atau 20 peserta didik yang tuntas dan aktifitas guru pada proses pembelajaran pada siklus 1 mencapai 74% dan siklus 2 mencapai 94,73%. Sesuai hasil siklus maka penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III pada materi
Makluk hidup dan benda mati
Kata kunci:Hasil Belajar, Metode demonstrasi, IPA.
Abstract
This research aims to improve science learning outcomes through a demonstration method assisted by pocket teaching aids on the characteristics of living things and non-living things for class III students at SD Inpres Tubneno on living things and non-living things. This type of research was classroom action research (PTK) which consisted of 2 cycles, each cycle consisting of 4 stages, namely; planning, implementation, observation, and reflection. This research was carried out at SD Inpres Taubneno, with a total of 20 students, consisting of 10 girls and 10 boys. The instrument for collecting data were test and observation sheet. Data analysis techniques in this research were obtained from observation sheets on student learning outcomes and teacher observation sheets. The research results showed that student learning outcomes were 45.5% and the percentage of classical learning outcomes was 20% or (4 students who completed) and 85% or 17 students who did not complete in cycle 1. In cycle 2 student learning outcomes increased to 88, 75% and presentation of classical learning results 100% or 20 students who completed it and teacher activity in the learning process in cycle 1 reached 74% and cycle 2 reached 94.73%. According to the results of the cycle, the application of the demonstration method can improve science learning outcomes for class III students in the material of living creatures and inanimate objects
Keywords: Learning outcomes, Demonstration method, Science
TA _ 00070 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain