Electronic Resource
TA _ PENGGUNAAN ALAT PERAGA CUTE BUTTERFLY METAMORFOSIS HEWAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD INPRES OENIUPSAI
Abstrak
Masalah dari penelitian ini yaitu guru jarang menggunakan media atau alat peraga dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA materi metamorfosis hewan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan alat peraga cute butterfly metamorfosis hewan yang meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas IV SD Inpres Oeniupsai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) model spiral Kemmis dan Mc Taggart, yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik tes dan observasi, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan tes. Hasil yang diperoleh pada pretest adalah 3 siswa yang tuntas dengan nilai 10, 34% dan
26 siswa yang tidak tuntas dengan nilai 89,65%. Sehingga dilanjutkan dengan tahap siklus l dimana Pada siklus 1 terdapat 13 siswa yang tuntas dengan nilai 44,82% dan 16 siswa yang tidak tuntas dengan nilai 55,17% dan skor n-gain yang diperoleh yaitu 0,6 dengan kriteria sedang. Pada siklus 2 hasil belajar siswa adalah 96,88% dengan presentase ketuntasan 100% atau 29 siswa telah mencapai kriteria minimal sekolah yaitu 75 untuk pelajaran IPA, dengan nilai rata - rata yang diperoleh adalah 86 dan skor n-gain yang diperoleh yaitu 0,8 yang dikategorikan tinggi. Hasil aktivitas siswa pada siklus 1 adalah 56,53% dan guru 56,66%, kemudian aktivitas siswa pada siklus II meningkat dengan nilai rata - rata 82,27% untuk siswa dan untuk guru 93,33%. Dari hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa penggunaan alat peraga cute butterfly metamorfosis hewan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Kata kunci. Prestasi belajar, cute butterfly, IPA.
Abstract
USE OF CUTE BUTTERFLY ANIMAL METAMORPHOSIS PROPS TO IMPROVE LEARNING ACHIEVEMENT OF CLASS IV STUDENTS AT INPRES OENIUPSAI PRIMARY SCHOOL The purpose of this research is to find out the use of cute butterfly metamorphosis animal protective tools that improve the learning performance of students in class IV SD Inpres Oeniupsai.The research method used in this study is the class action research (PTK) of the Kemmis and Mc Taggart spiral model, which consists of two cycles, each of which comprises four stages : planning, implementation, action, and
reflection. The data collection techniques in this research are test and observation techniques, while the research instruments used are observation sheets and test. This research was carried out in the 4th grade of SD Inpres Oeniupsai, with a total of 29 students, consisting of 11 female students and 18 male students. Before applying the cute butterfly protector, the researchers performed a pre-test to find out the early achievement of the students on animal metamorphosis. The results obtained in the pre-test were 3 students with a score of 10, 34% and 26 students whit an unprecedented score of 89.65%. So it cintinud with the stage of cycle I, where in cycle I, there were 13 students with a score of 44.82% and 16 students with no prejudice with a rating of 55.17%, and the n-gain score achieved was 0.6 with a moderate criterion. In cycle 2, student’s learning outcome was 96.88%, with a presentation of 100% or 29 students, having reached the minimum school criteria of 75 for IPA lesson, with an average score of 86 and a higt-category n-gain score of 0.8. student activity in the 1st cycle was 56.53% and teacher activity at 56. 66%, then student activity in cycle II increased by an average of 82.27% for students and 93.33% for teachers. From the results of this study, it can be seen that the use of cute butterfly care tools and metamorphosis animal can improve student learning performance.
Keywords. Learning achievement, cute butterfly, science.
TA _ 00069 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain