Electronic Resource
TA _ UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU SUKU KATA PADA SISWA KELAS 1 SD INPRES NONOHONIS
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampauan membaca permulaan melalui media kartu suku kata pada siswa kelas I SD Inpres Nonohonis setelah belajar menggunakan media kartu suku kata. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I SD Inpres Nonohinis Kecamatan Kota Soe berjumlah 12 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah berupa lembar observasi dan tes. Dalam penelitian ini digunakan II siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Pada tahap pretest yang mencapai KKM sebanyak 2 peserta didik atau 16%. Setelah diterapkan media kartu suku kata maka hasil membaca permulaan belajar peserta didik meningkat berdasarkan hasil posttest pada siklus I sebanyak 8 peserta didik atau 66%. Pada tahap posttest siklus II peserta didik yang mencapai KKM sebanyak siswa 11 atau 91%. Peningkatan hasil membaca permulaan peserta didik juga dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yang mencapai KKM dimulai dari 45,8untuk pretest menjadi 68,3 untuk posttest siklus I dan 83,3 untuk posttest siklus II. Sehingga menunjukkan
bahwa penggunaan media kartu suku kata meningkatkan keterampilan membaca peserta didik kelas I SD Inpres Nonohonis.
Kata Kunci: Membaca permulaan, Penggunaan Media kartu suku kata,
The purpose of this study was to determine the increase in the ability to read early through syallable card media in grade l students of SD Inpres Nonohonis after learning using syllable card media this study used a Classroom Action Research (CAR) desing. The subjects in this study were grade I students of SD Inpres Nonohonis,Kota Soe District, totaling 12 students. The instrumenst used to collect research data ware in the form of observation sheets and tests. This study used ll cycles with two meetings in each cycle. At the pretest stage, 2 student or 16% achieved KKM. After the application of syllable card media, the results of students initial reading learning increased based on the results of the posttest in cycle l, as many as 8 students or 66%.At the posttest srage of cycle ll, 11 students or 91% achieved KKM. The increase in students initial reading results can also be seen from the average value of students who achieved KKM starting from 45.83 for the pretest to 68.33 for the posttest cycle l and 83.33 for the posttest cycle ll. So it shows that the use of syllable card media improves the reading skills of grade 1 students of SD Inpres Nonohonis.
Keywords : Beginning reading ,used of syllable card media
TA _ 00067 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain