Perpustakaan Institut Pendidikan Soe

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TA _ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS lII SD NEGERI PENMINA

Electronic Resource

TA _ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS lII SD NEGERI PENMINA

Lassa, Novi Novita - Nama Orang; Lakapu, Pifa A. - Nama Orang; Tafuy, Ardi Y. - Nama Orang;

Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Penmina setelah belajar menggunakan metode Role Playing. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Penmina kecamatan Mollo Selatan berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah berupa lembar observasi dan tes. Dalam penelitian ini digunakan II siklus dengan setiap siklus tiga kali pertemuan. Pada tahap pretest yang mencapai KKM sebanyak 5 siswa atau 25%. Setelah diterapkan metode Role Playing maka hasil belajar siswa meningkat berdasarkan hasil posttest pada siklus I sebanyak 11 siswa atau 55%. Pada tahap posttest siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak siswa 17 atau 85%. Peningkatan hasil belajar pada siswa juga dapat di lihat dari nilai rata-rata siswa yang mencapai KKM dimulai dari 63 untuk pretest menjadi 75,25 untuk posttest siklus I dan 83,75 untuk posttest siklus II. Sehingga menunjukkan bahwa penggunaan metode Role Playing meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Penmina.
Kata Kunci: Hasil belajar, Metode Role Playing, Ilmu Pengetahuan Sosial
Abstrak
The aim of this research is to explain the improvement in learning outcomes of class III students at Penmina State Elementary School after learning using the Role Playing method. This research uses a Classroom Action Research (CAR) design. The subjects in this research were 20 students in class III of Penmina State Elementary School, South Mollo
subdistrict. The instruments used to collect research data are sheet of a observation and tests paper. In this research, II cycles were used with three meetings in each cycle. At the pretest stage, 5 students or 25% reached the KKM. After implementing the Role Playing method, student learning outcomes increased based on the results of the posttest in cycle I by 11 students or 55%. In the posttest stage of cycle II, 17 students or 85% reached the KKM. The increase in student learning outcomes can also be seen from the average score of students who achieved the KKM starting from 63 for the pretest to 75.25 for the cycle I posttest and 83.75 for the cycle II posttest. So it shows that the use of the Role Playing method improves the learning outcomes of class III students at Penmina State Elementary School.
Keywords:Learning:Outcomes,RolePlaying Method,Social Science


Ketersediaan
TA _ 00066My LibraryTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
: .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
unmediated
Tipe Pembawa
unspecified
Edisi
-
Subjek
hasil belajar
Tugas Akhir
PGSD 2024
Metode Role Playing
Ilmu Pengetahuan Sosial
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Lassa, Novi Novita
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • TA _ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS lII SD NEGERI PENMINA
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Institut Pendidikan Soe
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik