Electronic Resource
TA _ PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KETERAMPILAN MENYIMAK DI SISWA KELAS III SD NEGERI KESETNANA
Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya keterampilan menyimak di kelas III SD Negeri Kesetnana Kecamatan Mollo Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual. Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian di kelas III SD Negeri Kesetnana. Subjek penelitian sebanyak 22 siswa kelas III. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian keterampilan menyimak menggunakan media audio visual kelas III SD Negeri Kesetnana mengalami peningkatan. Pada tahap pretest yang mencapai KKM sebanyak 9 siswa atau 41%. Pada tahap posttest siklus I setelah menerapkan media audio visual maka hasil belajar siswa meningkat sebanyak 11 siswa (50%). Pada tahap posttest siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 19 siswa atau 86%. Peningkatan hasil belajar siswa dapat di lihat dari nilai rata-rata siswa yang mencapai KKM dimulai dari 69,77 untuk pretest menjadi 79,31 untuk posttest siklus I dan 89 untuk posttest siklus II. Sehingga menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Kesetnana.
Kata Kunci : Media audio visual, keterampilan menyimak.
Abstrak
This research was motivated by the low level of listening skills in class III of Kesetnana State Elementary School, South Mollo District. The aim of this research is to improve student learning outcomes by using audio-visual media. The type of research used is Classroom Action Research (PTK). The research location is in class III of Kesetnana State Elementary School. The research subjects were 22 class III students. The research instruments used to collect research data were observation sheets and tests. The results of research on listening skills using audio visual media for class III of Kesetnana State Elementary School have increased. At the pretest stage, 9 students or 41% reached the KKM. In the posttest stage of cycle I, after implementing audio- visual media, student learning outcomes increased by 11 students (50%). In the posttest stage of
cycle II, 19 students or 86% reached the KKM. The increase in student learning outcomes can be seen from the average score of students who achieved the KKM starting from 69.77 for the pretest to 79.31 for the cycle I posttest and 89 for the cycle II posttest. So it shows that the use of audio visual media can improve the learning outcomes of class III students at Kesetnana State Elementary School.
Keywords: Audio visual media, listening skills
TA _ 00063 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain