Electronic Resource
TA _ MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGUNAKAN MEDIA BIG BOOK PADA SISWA KELAS II SD INPRES OENAS
Abstrak
Salah satu bagian dari kemampuan berbahasa adalah membaca, khususnya dalam membaca permulaan. Kemampuan membaca merupakan komponen yang sangat penting dalam kehidupan manusia membaca merupakan fondasi awal siswa untuk memahami suatu bacaan perkembangan didunia pendidikan sekarang ini sangat berkembang pesat salah satunya adalah kemampuan membaca permulaan. Pembelajaran membaca di sekolah dasar harus di perhatikan sejak awal. Kemampuan membaca awal pada siswa yang terbilang rendah harus segera dikoreksi agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam membaca, untuk menghadapi permasalahan membaca permulaan pada siswa kelas rendah, yaitu kelas II sekolah dasar dengan menggunakan media berupa Big Book. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
membaca permulaan menggunakan media Big Book. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang diteliti adalah siswa kelas II SD Inpres Oenasi dengan jumlah siswa 14 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media Big Book pada proses pembelajaran siswa kelas rendah terjadi peningkatan. Pemahaman siswa pada materi pembelajaran menggunakan media Big Book menunjukkan peningkatan melalui tahapan-tahapan tes yang dilakukan peneliti. Pada tahap Pretest nilairata-rata siswa 60, dengan siswa yang mencapai KKM sebanyak 4 orang (21%), setelah penerapan media Big Book terdapat peningkatan nilai pada Posttes dimana nilai rata-rata siswa 72, dan siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 9 orang (78,5 % ). Pada Posttes siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 84. Perolehan hasil menunjukkan bahwa penerapan media Big Book sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SD Inpres Oenasi.
Kata Kunci : Media Big Book, Membaca Permulaan.
Abstrak
One part of language skills is reading, aspecially in beginning reading. Reading ability is a very important component in human life. Reading is the initial foundation for students to understand reading. Developments in the world of education are currently developing rapidly, one of which is beginning reading ability. Learning to read in elementary school must be paid attention to from the start. Students’ initial reading abilities which are considered low must be immediately corrected so that students do not experience difficulties in reading, to deal with initial reading problems in lower class students, namely class II elementary school, using Big Book media. This researchaims to improve beginning reading skills using Big Book media. This resesrch uses the classroom action research. ( PTK ) method. The subjects studied were class II students at SD Inpres Qenasi with a total 14 students. The data collection techniques used are abservervation and tests. The results of this research show that by using Big Book media in the learing process of low grade students there is an increase in students’ understanding of learning material using Big Book media showing an increase through the test stages carried out by researchers. At the Prestest stage the average student score was 60, with 4 students achieving KKM (21 % ), aftter the implementation og the big book media there was an increase in the score on the posttest where the average student score was 72, and students hwo achieved the KKM increased to 9 people (78,5). In the second cycle of the pesttest, the average student score increased to 84. The results showed the appkication og big book media was very effective in improving the initial reading ability of class II students at SD Inpres oenasi.
TA _ 00062 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain