Electronic Resource
TA _ MENINGKATKAN MINAT BACA MENGGUNAKAN VIDEO ANIMASI KARTUN PADA PADA SISWA KELAS III SD GMIT NEKE
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat baca menggunakan video animasi kartun pada siswa kelas III SD GMIT Neke. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas III SD GMIT Neke yang berjumlah 11 siswa ,5 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah berupa lembar observasi tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media video animasi kartun dapat meningkatkan minat baca siswa pada tahap pretest siswa yang
mencapai KKM sebanyak 3 orang atau sama dengan 27,2%. Setelah melakukan Posttest siklus I siswa yang mencapai KKM 6 orang atau sama dengan 54,5%. Pada tahap Posttest siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 orang atau sama dengan 81,8%. Dari hasil yang diperoleh dapat menunjukan bahwa penggunaan media video animasi kartun dapat
meningkatkan minat baca. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka disimpulkan bahwa media video animasi kartun dapat meningkatkan minat baca siswa.
Kata Kunci: Minat baca, Video Animasi
ABSTRACK
The purpose of this study was to increase reading interest using animated cartoon videos in grade III students of GMIT Neke Elementary School. This study used Classroom Action Research (CAR). The subjects of this study were grade III students of GMIT Neke Elementary School, totaling 11 students, 5 male students and 6 female students. The instrument used to collect research data was in the form of a test observation sheet. The data analysis technique used was the N-Gain test. The results of this study indicate that animated cartoon video media can increase students' reading interest at the pretest stage, students who achieved standar of minimum were 3 people or equal to 27.2%. After conducting the Posttest cycle I, students who achieved standard of minimum were 6 people or equal to 54.5%. At the Posttest cycle II stage, students who achieved standard of minimum were 9 people or equal to 81.8%. From the results obtained, it can be shown that the use of animated cartoon video media can increase reading interest.
Keywrds: Interest in reading, Animated videos
TA _ 00061 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain